PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Inayatul Ummah, Anwar Mutaqin

Sari


Kurangnya minat dan keterampilan dalam mengatasi masalah matematika mendorong penelitian ini. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan tersebut. Model pembelajaran Teams Games Tournament digunakan sebagai bentuk pembelajaran kolaboratif dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keefektifan model pembelajaran Teams Games Tournament dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika siswa sepanjang tahun ajaran 2022/2023 di MTs Al-Fath Kota Cilegon. Studi ini dilakukan dengan cara kuasi-eksperimental, dengan peserta dibagi menjadi dua kelompok untuk mengikuti tes sebelum dan sesudah. Untuk penelitian ini, peserta secara acak dimasukkan ke dalam kelompok "eksperimen" atau "kontrol". Anak-anak yang berpartisipasi dalam penelitian ini semuanya adalah siswa kelas VIII di MTs Al-Fath Kota Cilegon. Siswa kelas VIII C dibagi menjadi kelompok eksperimen dan VIII D sebagai kelas kontrol untuk belajar. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tes pemecahan masalah dan kuesioner sikap untuk mempelajari lebih lanjut tentang perspektif siswa terhadap matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan motivasi siswa dalam matematika meningkat ketika pembelajaran disusun dengan Teams Games Tournament.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akhiruddin, dkk. (2020). Belajar dan Pembelajaran (Teori dan Implementasi). Yogyakarta: Samudra Biru.

DIKBUD. (1982). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.

Ibrahim., & Hidayati, N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa SMA Negeri 1 Seyegan. Jurnal Agrisains, 5(2).

Kemendikbud. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 tentang Standar Isi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maskun & Valensy Rachmedita. (2018). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., Kelly, D. L., & Fishbein, B. (2020). TIMSS 2019 International Results in Mathematics and Science. Diambil dari Boston College, TIMSS & PIRLS International Study Center.

National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, USA: NCTM, Inc.

Nissa, Ita Chairun. (2015). Pemecahan Masalah Matematika (Teori dan Contoh Praktek). Mataram: Duta Pustaka Ilmu

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. Nizmania Learning Center.

Retnowati, P. & Ekayanti, A. (2020). Think Talk Write sebagai Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa. SIGMA (Kajian Ilmu Pendidikan Matematika), 6(1)

Sardiman A,M. (2011). Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sari, Armynda D.C., & Kasmadi I.S. (2013). Pengaruh Model Teams Games Tournament Media TournamentQuestion Cards Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 7, No. 2

Slavin, Robert E. (1985). Learning to Cooperate, Cooperating to Learn. New York: Plenum Press

Sugiyono, D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D

Yusup, Y. J., Lutfi, M. K., & Kusumastuti, F. A. (2022). LEVEL BERPIKIR KKREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN HYBRID. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-14.

Yusup, Y. J., Lutfi, M. K., & Kusumastuti, F. A. (2022). LEVEL BERPIKIR KKREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN HYBRID. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i4.21998

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika