PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROYEK DI KELAS IX PADA MATERI TABUNG DENGAN KERAJINAN CELENGAN

Nuroh Kamilah, Syamsuri Syamsuri

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh matematika yang memiliki peranan yang sangat penting dalam pengembangan disiplin ilmu dan pengembangan daya pikir manusia. Dalam matematika terdapat beberapa konsep, salah satunya adalah konsep geometri. Geometri masih menjadi materi yang sulit bagi peserta didik, terutama pada materi bangun ruang sisi lengkung. Hal ini menyebabkan rendahnya prestasi belajar peserta didik pada materi tersebut. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika adalah pembelajaran berbasis proyek. Model pembelajaran dengan proyek celengan ini dapat menumbuhkan sikap belajar yang lebih aktif dan kreatif pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IX pada materi tabung dengan menggunakan proyek celengan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Model penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 15 Kota Serang. Penelitian ini melibatkan dua kelas sampel, yaitu kelas IX D sebagai kelas eksperimen dan kelas IX E sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang terdiri dari 5 soal uraian. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif pembelajaran berbasis proyek terhadap prestasi belajar matematika


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i4.22387

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika