PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA

Isna Rafianti, Tri Gunadi, Nazwa Guseynova Kamila, Rifda Nurafifah, Nabil Fajari Rabbani, Ahmad Syauqi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa SMA. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dengan model One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ciruas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Ipa 5 yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran wordwall dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1653–1660.

Anwar, S., Junaedi, Y., & Umami, M. R. (2022). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERPIKIR ABSTRAKSI MATEMATIS PADA MATERI GEOMETRI RUANG. GEOMATH, 3(2), 75-83.

Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas , Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (2019).

Junaedi, Y., Maryam, S., & Lutfi, M. K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Pada Pembelajaran Daring. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 49-56.

Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2023, December). Profil Kemampuan Awal Literasi Matematis melalui Pretest Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) Program Kampus Mengajar Angkatan 5. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 3, pp. 369-374).

Junaedi, Y., Mukhoyyaroh, Q., & Anwar, S. (2024). OPTIMALISASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SD MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS ETHNO-RME. Jurnal Abdimas Sang Buana, 5(2), 79-86.

Junaedi, Y., Anwar, S., & Hilmi, Y. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Augmented Reality berbasis Ethno–RME Kebudayaan Suku Baduy dalam Optimasi Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 17(2), 140-149.

Lukman, M. T., & Tantu, Y. R. P. (2022). Guru Sebagai Fasilitator dalam Mengasah Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Daring. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VII(1), 62–73.

Nadia, A. I., Afiani, K. D. A., & Naila, I. (2022). Penggunaan Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1), 33–43.

Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong . MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1–6.

Pratama, B. A., Selviani, D., & Fitria, Y. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 4 Kota Bengkulu. Computer and Information Education Review - CIER, 4(2), 6–10.

Saptaaji, A. B., Burhanudin, & Basukiyanto. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Desain Pembelajaran Blended Learning dengan Wordwall. Journal of Education Research, 4(3), 1503–1512.

Sari, M., & Hasanudin, C. (2023). Manfaat Ilmu Matematika Bagi Peserta Didik Dalam Kehidupan Sehari-hari. Seminar Nasional Daring, 1906–1912.

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz dan Wordwall pada Pembelajaran IPA bagi Guru-Guru SDIT Al-Kahfi. SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195–199.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v5i4.22449

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika