ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BARISAN DAN DERET BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN

Etika Khaerunnisa, Diah Rahma Muharam, Riza Novidona Afifah, Siti Salwa Sayyidah, Wildah Maulida, Hanifah Hanifah

Sari


Barisan dan deret aritmetika merupakan salah satu materi yang dipelajari dalam matematika yang memiliki kaitan erat dengan kehidupan sehari-hari. Namun faktanya ketika soal tersebut dikaitkan dengan soal cerita, siswa merasa kebingungan dan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan pada soal tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kesalahan sswa dalam menyelesaikan perosalan aritmetika berdasarkan tahapan Newman. Subjek dalam penelitian ini yaitu sebanyak 10 siswa kelas XA di SMAN 1 Cikeusal. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian berupa tes uraian dan wawancara. Data yang digunakan menggunalan tes uraian yang berupa soal matematika yang berkaitan dengan materi barisan aritmetika yang terdiri dari 4 soal. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas X SMAN 1 Cikeusal pada pennyelesaian soal dengan materi baris dan deret aritmetika menurut prosedur Newman terdiri dari 5 kesalahan yaitu dalam segi kesalahan membaca (reading error) memiliki kesalahan dengan presentase 35%, dalam segi kesalahan memahami (comprehension error) memiliki kesalahan dengan presentase 27,5%, dalam segi kesalahan mentransformasi soal (transformations error) memiliki kesalahan dengan presentase 20%, dalam segi kesalahan keterampilan proses (process skill error) dengan presentase sebesar 17,5%, dan dalam segi penulisan jawaban akhir (encoding error) sebesar 12,5.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Annisa, R., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Menggunakan Tahapan Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 522–532. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.507

Anwar, S., Junaedi, Y., & Umami, M. R. (2022). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERPIKIR ABSTRAKSI MATEMATIS PADA MATERI GEOMETRI RUANG. GEOMATH, 3(2), 75-83.

Bouty, R. A. F., Pradana, O. R. Y., & Sasomo, B. (2022). Analisis Kesalahan Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Barisan Dan Deret Menurut Teori Newman. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 167–171. https://doi.org/10.24176/anargya.v5i2.7904

Fitriatien, S. R. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. JIPMat, 4(1), 53–64. https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3550

Fitriyana, D., & Sutirna. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Himpunan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 512–520. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1990

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, March). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012069). IOP Publishing.

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, May). Mathematical creative thinking level on polyhedron problems for eight-grade students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1882, No. 1, p. 012052). IOP Publishing.

Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2023, December). Profil Kemampuan Awal Literasi Matematis melalui Pretest Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) Program Kampus Mengajar Angkatan 5. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 3, pp. 369-374).

Junaedi, Y., Yulianto, D., Anwar, S., & Umami, M. R. (2023). ANALISIS HASIL AKHIR KEMAMPUAN NUMERASI MELALUI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 5. GEOMATH, 4(1), 11-18.

Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2024, April). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal AKM Program Kampus Mengajar Angkatan 6. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung (pp. 602-610).

Lestari, D. E., & Suryadi, D. (2020). Analisis kesulitan operasi hitung bentuk aljabar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 247-258.

Maulana, F., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMA dalam Menjawab Soal Dimensi Tiga Berdasarkan Teori Newman. Maju, 7(2), 182–190.

Ningsih, W., Rohaeti, E. E., & Maya, R. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal aritmatika sosial berdasarkan tahapan newman. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 177–184. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.177-184

Noer, S. F., Sugandi, A. I., & Amelia, R. (2023). ANALISIS KESALAHAN DALAM SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA DITINJAU DARI TEORI NEWMAN. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1369–1378. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17677

Nuraeni, R., Ardiansyah, S. G., & Zanthy, L. S. (2020). Permasalahan Matematika Aritmatika Sosial Dalam Bentuk Cerita: Bagaimana Deskripsi Kesalahan-Kesalahan Jawaban Siswa? Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 61–68. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3345

Oktaviana, D. (2017). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 22–32. https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.719

Oktaviani, H., & Suprihatiningsih, S. (2021). ANALISIS KESALAHAN NEWMAN PADA PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP N 15 YOGYAKARTA NEWMAN ERROR ANALYSIS ON PROBLEM SOLVING OF SEVENTH GRADE OF SMP N 15 YOGYAKARTA. Riemann Research of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 1–8.

Putri, S., Husna, A., & Agustyaningrum, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Berdasarkan Teori Newman ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1548–1561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.506

Rosmiati, F., & Maya, R. (2021). Penggunaan Tahapan Newman Untuk Menganalisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1365–1374. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1365-1374

Septiahani, A., Melisari, M., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesalahan siswa smk dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 311-322.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Ulfa, D., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Menggunakan Tahapan Kesalahan Kastolan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 542–550. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.507

Yusnia, D., & Fitriyani, H. (2010). Identifikasi Kesalahan Siswa Menggunakan Newman’s Error Analysis (NEA) Pada Pemecahan Masalah Operasi Hitung Bentuk Aljabar. 78–83. http://103.97.100.145/index.php/psn12012010/article/view/3047/2956




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v5i2.24018

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika