ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Devy Tarya Christmas Nababan, Heni Pujiastuti, Yuyu Yuhana

Sari


Salah satu pemicu kegagalan siswa memahami pembelajarann matematika ialah dikarenakan tidak paham konsep atau miskonsepsi, contohnya pada materi aljabar. Gaya belajar terkadang menjadi hal yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi, akan tetapi kenyataannya saat ini gaya belajar belum mendapat perhatian yang lebih dari pendidik. Maka dari itu, peneliti  ini ditujukan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar ditinjau dari gaya belajar, mengetahui faktor penyebab miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah deksriptif kualitatif. dengan subjek penelitian ialah 6 siswa kelas VII SMPN 13 Kota Serang yang diambil dari perwakilan tiap gaya belajar VAK yang mengalami miskonsepsi pada penyelesaian soal sebagai subjek penelitian. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa:(a)Miskonsepsi siswa visual diantaranya menentukan letak unsur-unsur bentuk aljabar, menyelesaikan operasi hitung dan rumus yang digunakan, mendefiinisikan konstanta, koefisien, dan suku dua. Miskonsepsi siswa auditorial diantaranya menentukan letak unsur-unsur bentuk aljabar, menyelesaikan operasi hitung, dan mendefiinisikan persamaan aljabar. Miskonsepsi siwa kinestetik diantaranya menentukan letak unsur-unsur bentuk aljabar, menyelesaikan operasi hitung, merepresentasikan soal cerita, dan mendefiinisikan koefisien, konstanta, dan suku sejenis. (b) faktor penyebab miskonsepsi ialah prakonsepsi siswa, pemikiran asosiatif, reasoning yang tidak lengkap, intuisi dan perasaan yang salah, ketakutan bertanya pada guru,serta minat siswa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Deporter, B., & Hernacki, M. (2015). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan (1st ed.). Kaifa.

Fajarianingtyas, D. A., Herowati, H., & Yuniastri, R. (2018). Gaya Belajar Dan Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Redoks Di Sma Negeri I Sumenep. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(1), 13–22.

Husna, N. (2019). Miskonsepsi Siswa Dalam Materi Persamaan Linear Satu Variabel Pada Siswa Smp Negeri 2 Sebawi. Educatio, 14(2), 68–81.

Junaedi, Y., & Wahyudin, W. (2020, May). Improving Student’s Reflective Thinking Skills Through Realistic Mathematics Education Approach. In 4th Asian Education Symposium (AES 2019) (pp. 196-202). Atlantis Press.

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, May). Mathematical creative thinking level on polyhedron problems for eight-grade students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1882, No. 1, p. 012052). IOP Publishing.

Junaedi, Y., Maryam, S., & Lutfi, M. K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Pada Pembelajaran Daring. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 49-56.

Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2024, April). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal AKM Program Kampus Mengajar Angkatan 6. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung (pp. 602-610).

Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2023, December). Profil Kemampuan Awal Literasi Matematis melalui Pretest Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) Program Kampus Mengajar Angkatan 5. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 3, pp. 369-374).

Junaedi, Y., Maryam, S., & Anwar, S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP pada Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 34-40.

Kania, N. (2018). Alat peraga untuk memahami konsep pecahan. Jurnal Theorems, 2(2), 1–12.

Meylino, R. (2018). Analisis miskonsepsi siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal matematika materi pecahan ditinjau dari gaya belajar. Jember: Skripsi Universitas Jember, 1–105.

Muh.Fitrah, & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian : Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. CV Jejak.

Nabila, L. Y. (2019). Pengembangan Instrumen Diagnostik Three Tier Test Pada Materi Pecahan Kelas Vii Smpn 24 Makassar. Makassar; Skripsi Universitas Negeri Makassar

Nurfianty, P. (2022). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas Vii Ditinjau Dari Teori Konstruktivisme Dan Gaya Belajar Pada Materi Aljabar. Thesis Universitas Pendidikan Indonesia.

Purwanti, N. D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesulitan belajar aljabar ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jurnal Analisa, 6(2), 122–131.

Saefiana, S., Sukmawati, F. D., Rahmawati, R., Rusnady, D. A. M., Sukatin, S., & Syaifuddin, S. (2022). Teori Pembelajaran dan Perbedaan Gaya Belajar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 150–158.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Utami, R. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa Dan Cara Mengatasinya Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas Vii-C Smp Negeri 13 Malang. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 37.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v5i2.24164

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika