PENGARUH PROJECT BASED LEARNING DENGAN TEKNIK FADED-EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN BEBAN KOGNITIF EKSTRINSIK SISWA

Azzahra Shinta Bilqis Nurfata, Abdul Fatah, Etika Khaerunnisa

Sari


Pemecahan masalah merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki dalam kegiatan pembelajaran khususnya pembelajaran matematika. Kemampuan pemecahan masalah pun sangat terkait dengan beban kognitif. Salah satu jenis beban kognitif yaitu beban kognitif ekstrinsik. Beban kognitif sangat penting untuk diminimalisir agar siswa dapat memahami konsep dengan baik sehingga dapat menyelesaikan permasalahan dengan baik pula. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan beban kognitif ekstrinsik adalah dengan menggunakan metode project-based learning dengan teknik faded-example. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah project-based learning dengan teknik faded-example berpengaruh terhadap kemampuan pemechan masalah dan beban kognitif ekstrinsik siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen. Desain yang digunakan yaitu no equivalent pretest posttest control group desain. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar tes dan angket. Subjek penelitian yaitu siswa VIII-B sebagai kelas eksperimen dan VIII-E sebagai kelas control di SMPN 1 Karangtanjung. Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh project-based learning dengan teknik faded-example terhadap kemampuan pemechan masalah dan beban kognitif ekstrinsik siswa. Hal tersebut sesuai dengan hasil perhitungan uji-t satu pihak, dimana nilai signifikansi yang didapat untuk data posttest adalah 0,000 dan untuk data angket adalah 0,000 < 0,05.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


ANDRIANI, I. N. U. R. (2017). ANALISIS BEBAN KOGNITIF PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS UNTUK SISWA SMP KELAS VII PADA TOPIK BANGUN DATAR SEGITIGA. eprints.untirta.ac.id. http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4248

Angeliasari, V. S., Berliana, R. N., & ... (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL MATERI IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF KELAS 4 SDN KRANGGAN 4 KOTA MOJOKERTO. Pendas: Jurnal Ilmiah …. https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/9962

Arofah, M. N., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Lingkaran di Kelurahan Muarasanding. … Matematika. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus/article/view/pv1n3_04

Awanis, R. F., Khabibah, S., & Imah, E. M. (2023). Analisis Beban Kerja Kognitif Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Tugas Aritmetika Mental. … : Jurnal Pendidikan Dan …. http://www.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/290

Gumanti, G., Maimunah, M., & Roza, Y. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kecamatan Bantan. In PRISMA. scholar.archive.org.

Heni, S. U., & Nitta, P. (2022). Kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan kuadrat. In Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika …. karya.brin.go.id. https://karya.brin.go.id/id/eprint/16022/1/Jurnal_Heni Sri Utami_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022-6.pdf

Nursit, I. (2015). Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Discovery Berdasarkan Teori Beban Kognitif. In Jurnal Pendidikan Matematika, I (1). core.ac.uk. https://core.ac.uk/download/pdf/229620370.pdf

Nyihana, E. (2021). Metode PjBL (Project Based Learning) Berbasis Scientific Approach Dalam Berpikir Kritis dan Komunikatif Bagi Siswa. books.google.com.

Rahmadhani, L. I. P., & Mariani, S. (2021). Kemampuan komputasional siswa dalam memecahkan masalah matematika SMP melalui digital project based learning ditinjau dari self efficacy. PRISMA, Prosiding Seminar …. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/45048

Ratnasari, G., & Sutirna, S. (2023). Analisis Beban Kognitif dalam Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Didactical Mathematics. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/dm/article/view/5334

Retnowati, E. (2017). Faded-example as a tool to acquire and automate mathematics knowledge. Journal of Physics: Conference Series. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/824/1/012054/meta

Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh penerapan problem based learning (pbl) dan project based learning (pjbl) terhadap kemampuan pemecahan masalah berdasarkan self efficacy siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan …. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/539

Sholihah, D. A. (2022). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Cognitive Load Theory untuk Meminimalkan Extraneous Cognitive Load. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan …. http://ejournals.umma.ac.id/index.php/equals/article/view/1197

Sudaryana, T., Syamsuri, S., & ... (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berkemampuan awal rendah yang diberikan soal dengan teknik faded-example ditinjau dari teori Polya. … : Jurnal Penelitian Dan …. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Tirtamath/article/view/16069

Widya, W. (2021). Analisis Beban Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Phytagoras. idr.uin-antasari.ac.id. https://idr.uin-antasari.ac.id/16581/

Yusup, Y. J., Lutfi, M. K., & Kusumastuti, F. A. (2022). LEVEL BERPIKIR KKREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN HYBRID. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v5i3.24296

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika