HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA
Sari
Kemampuan dalam memecahkan masalah adalah suatu kemahiran berpikir tingkat tinggi di mana siswa mampu menggabungkan pengetahuan yang lama dalam menciptakan pengetahuan baru dapat berguna untuk menyelesaikan berbagai masalah. Oleh karena itu, kemahiran memecahkan masalah yang baik penting dimiliki setiap siswa. Tingkat kecemasan matematika siswa menjadi bagian yang mempengaruhi kemahiran siswa dalam memecahkan soal matematika. Maka, akhir dari kajian ini untuk menganalisis korelasi kecemasan matematika dengan kemampuan siswa dalam memecahkan soal matematika. Subjek yang digunakan sebanyak 70 siswa kelas XI SMAN 1 Ciruas tahun 2023/2024. Metode yang digunakan adalah kuantitatif /asosiatif menggunakan desain korelasional. Data diambil menggunakan instrumen tes dan non-tes (angket). Didapatkan hasil bahwa terjadi korelasi negatif antara kecemasan dengan kemampuan matematika siswa. Artinya, semakin tinggi kecemasan siswa, maka semakin rendah kemampuan siswa menyelesaikan masalah matematika.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agsya, F. M., Maimunah, & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Mts. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4 (2), 31–44. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2003
Anditya, R., & Murtiyasa, B. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Kecemasan Matematika. Prosiding Sempoa:Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/7611
Artama, E. N. N., Amin, S. M., & Siswono, T. Y. E. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 4(1), 34–44. https://doi.org/10.26740/jppms.v4n1.p34-40
Ashcraft, M. H. (2019). Mathematics Anxiety (I. C. Mammarella, S. Caviola, & A. Dowker (ed.)). London : Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429199981
Handayani, N. F., & Mahrita. (2020). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SDN Jawa 2 Martapura Kabupaten Banjar. Jurnal PTK & Pendidikan, 6(2), 40–48. https://doi.org/10.18592/ptk.v6i2.4045
Lestari, A. B., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Di Kampung Cibogo Pada Materi SPLDV. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 92–102. https://doi.org/10.26618/sigma.v13i2.5812
Masruroh, A., & Nurfitriyanti, M. (2022). Pengaruh Kecemasan dan Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5963%0Ahttp://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/download/5963/1545
Murtafiah, & Amin, N. (2018). Pengaruh Gaya Kognitif Dan Gender Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 75–82. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2986
Ratna, & Yahya, A. (2022). Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 471–482. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1908
Septiarini, I., Kesumawati, N., & Jumroh, J. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Negeri Se-Kecamatan Banyuasin. Journal of Mathematics Science and Education, 3(1), 8–16. https://doi.org/10.31540/jmse.v3i1.951
Susanti, S. A., Budiarto, M. T., & Setianingsih, R. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Numerasi Siswa Berdasarkan Tingkat Kecemasan Matematis. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 8(1), 18–32. https://doi.org/https://orcid.org/0000-0003-4542-7705
Yuberta, K. R., Setiawati, W., & Kurnia, L. (2019). Pengaruh Math Anxiety Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berdasarkan Gender. AGENDA: Jurnal Analisis Gender dan Agama, 2(1), 81–87. https://doi.org/10.31958/agenda.v2i1.1995
DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v5i2.24850
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika