PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBANTU PERMAINAN DOMINO CARD EKSPONEN UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Muhammad Reynaldi, Etika Khaerunnisa

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir krtis siswa yang disebabkan karena bahan ajar guru kurang membantu dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa dan tampilan pada bahan ajar yang digunakan kurang menarik mengakibatkan siswa menjadi jenuh dan bosan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan E-Modul berantu permainan domino card eksponen untuk mendukung berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pabuaran dengan subjek penelitian kelas IX berjumlah 25 siswa. Hasil uji kelayakan ahli materi diperoleh nilai 97% dan hasil ahli media diperoleh nilai 76%, sehingga didapat kriteria sangat valid. Hasil uji kepraktisan dari respon guru diperoleh nilai 97% dan hasil dari respon siswa diperoleh nilai 86%, sehingga didapat kriteria sangat praktis. Hasil uji keefektivan dengan post test untuk mengukur peningkatan berpikir kritis siswa setelah menggunakan produk E-Modul berantu permainan domino card eksponen diperoleh sebesar 84% dengan kriteria efektif. Berdasarkan hal tersebut, produk yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif sehingga E-Modul berantu permainan domino card eksponen layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustiana, J. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada materi koloid. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(1), 91. https://doi.org/10.32699/spektra.v5i1.80

Ahmadi, Y. (2016). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI SEGITIGA (Penelitian pada SMP Kharisma Bangsa). Skripsi.

Anggela, R. (2023). Pengaruh Model Experential Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(2).

Harahap, M. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Hypercontent pada Mata Kuliah Pengelolaan Usaha Busana. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1618–1624. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.613

Idris, M. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas V di SDN Cipacing, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang). Skripsi Thesis FKIP Universitas Pasundan, 10–44.

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, May). Mathematical creative thinking level on polyhedron problems for eight-grade students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1882, No. 1, p. 012052). IOP Publishing.

Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2023, December). Profil Kemampuan Awal Literasi Matematis melalui Pretest Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) Program Kampus Mengajar Angkatan 5. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 3, pp. 369-374).

Junaedi, Y., Anwar, S., & Hilmi, Y. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Augmented Reality berbasis Ethno–RME Kebudayaan Suku Baduy dalam Optimasi Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 17(2), 140-149.

Nurul, B., Rahayu, A., Rachmani, N., & Nino, D. (2022). Theoretical study: mathematical critical thinking skills in terms of curiosity in ICT-assisted retrospect learning model. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 297–303.

Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Tarihoran, E. (2019). Guru Dalam Pengajaran Abad 21. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 46–58. https://doi.org/10.53544/sapa.v4i1.68

Yusup, Y. J., Lutfi, M. K., & Kusumastuti, F. A. (2022). LEVEL BERPIKIR KKREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN HYBRID. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v5i3.25061

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika