PENGELOLAAN BEBAN KOGNITIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATEMATIS SISWA DI SMPN 15 KOTA SERANG

Shoofiyah Rizky Agustina, Aan Hendrayana

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan beban kognitf terhadap pemahaman konseptual matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 15 Kota Serang pada tahun ajaran 2023/2024 dengan sampel kelas VII D sebagai kelas kontrol yang menerima pembelajaran tanpa pengelolaan beban kognitif dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen yang menerima pembelajaran dengan pengelolaan beban kognitif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode campuran model concurrent embedded dengan metode kuantitatif sebagai metode primer dan metode kualitatif sebagai metode sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian pemahaman konseptual matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Selain itu, ditinjau dari kemampuan awal matematis bahwa siswa kelas eksperimen memiliki pemahaman konseptual matematis lebih baik dibandingkan dengan siswa kelas kontrol jika dilihat dari kemampuan awal matematis dengan perbedaan tingkat kemampuan awal matematis yang signifikan di kemampuan tinggi pada pemahaman konseptual.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afriyanti, W. (2019). EFEKTIFITAS METODE MIND MAPPING DIIRINGI MUSIK.

Akramunnisa, & Indra Sulestry, A. (2015). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Tinggi Dan Gaya Kognitif Field Independent (Fi). Pedagogy, 1(2), 46–56.

Hendrayana, A. (2017). Pengaruh pembelajaran pendekatan rigorous mathematical thinking (RMT) terhadap pemahaman konseptual matematis siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/15385

Hendrayana, Aan. (2018). Mengatasi Cognitive Load Pada Anak. In Fkip Untirta.

Hendriyani, R., Hendrayana, A., & Khaerunnisa, E. (2023). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERMODIFIKASI COGNITIVE LOAD THEORY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DI KABUPATEN SERANG. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 133-142.

Junaedi, Y., Anwar, S., & Hilmi, Y. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Augmented Reality berbasis Ethno–RME Kebudayaan Suku Baduy dalam Optimasi Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 17(2), 140-149.

Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2023, December). Profil Kemampuan Awal Literasi Matematis melalui Pretest Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) Program Kampus Mengajar Angkatan 5. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 3, pp. 369-374).

Kilpatrick, J. (2002). Understanding mathematical literacy: The contribution of research. Educational studies in mathematics. Educational Studies in Mathematics, 47, 101–116.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2002). The strands of mathematical proficiency and teaching for mathematical proficiency. Adding it up: Helping children learn mathematics, 115-157.

Permana, D. A., Hendrayana, A., & Sukirwan, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Termodifikasi Cognitive Load Theory Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. In Wilangan (Vol. 5, Issue 2).

Saputra, N. (2022). Buku Metode Penelitian Campuran. In DESAIN PENELITIAN MIXED METHOD DESAIN PENELITIAN MIXED METHOD Editor: Nanda Saputra (Issue November).

Sholihah, D. A. (2022). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Cognitive Load Theory untuk Meminimalkan Extraneous Cognitive Load. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan …. http://ejournals.umma.ac.id/index.php/equals/article/view/1197

Siswoyo, D. (2013). Indikator Pemahaman Konsep Matematika.

Sudarma, I. K., Prabawa, D. G. A. P., & Suartama, I. K. (2022). The Application of Information Processing Theory to Design Digital Content in Learning Message Design Course. International Journal of Information and Education Technology, 12(10), 1043–1049. https://doi.org/10.18178/ijiet.2022.12.10.1718

Sweller, J. (2011). Cognitive Load Theory. In Psychology of Learning and Motivation - Advances in Research and Theory (Vol. 55). https://doi.org/10.1016/B978-0-12-387691-1.00002-8

Yusup, Y. J., Lutfi, M. K., & Kusumastuti, F. A. (2022). LEVEL BERPIKIR KKREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN HYBRID. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v5i3.25163

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika