ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJARFLEKTIF MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Sari
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar visual dan gaya belajar auditorial. tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik untuk tiap tipe gaya belajar. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 20 orang siswa tahun pelajaran 2023/2024. Subyek ditentukan dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh 2 dari masing – masing gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket gaya belajar, tes kemampuan berpikir reflektif matematis, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual memperoleh rata – rata persentase 50,0%, kemudian gaya belajar auditorial 44,4% dan gaya belajar kinestetik 25%. Dalam penelitian menunjukkan bahwa subyek yang memiliki gaya belajar visual mampu memenihi semua indikator dalam fase reacting, comparing, dan contemplating. Subyek yang memiliki gaya belajar auditorial dan kinestetik hanya mampu memenuhi indikator dalam fase berpikir reflektif yaitu comparing.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adhani, H., Tahir, M., & Oktavianty, I. (2022). Gaya Belajar Siswa: Apakah Ada Hubungannya dengan Hasil Belajar Siswa? Journal of Classroom Action Research, 4(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1421
Aminudin, M., & Basir, M. A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menilai Kebenaran Pernyataan Matematis. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 369–382. https://doi.org/10.30738/union.v7i3.5841
Ario, M. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smk Setelah Mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah Edu Research, 5(2), 125–134.
Faradila, L., Wibowo, T., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis pada Siswa dengan Gaya Belajar Visual-Kinestetik. Analisis Kemampuan Berfikir Reflektif Matematis Dengan Gaya Belajar Visual Kinestik, 7(2), 122.
Hepsi Nindiasari, Novaliyosi Novaliyosi, N. A. (2014). Stages of Reflective Thinking Mathematically. International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Education.
Hidayatulloh. (2015). PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM PEMECAHAN MASALAH SOAL ANALISIS REAL 2 DITINJAU. 1(2).
Jaenudin, J., Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2017). Analisis kemampuan berpikir reflektif matematis siswa ditinjau dari gaya belajar [analysis of students’ reflective Mathematical thinking abilities judged from learning styles]. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 69–82. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/prima/article/view/256/165
Jensen, E. D. (2010). Regulation of gene expression in osteoblasts. Jensen, E. D., Gopalakrishnan, R., & Westendorf, J. J. (2010). Regulation of Gene Expression in Osteoblasts. Biofactors, 36(1), 25-32., 25–35. https://doi.org/10.1002/biof.72
Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, March). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012069). IOP Publishing.
Junaedi, Y., Maryam, S., & Anwar, S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP pada Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 34-40.
Junaedi, Y., & Wahyudin, W. (2020, May). Improving Student’s Reflective Thinking Skills Through Realistic Mathematics Education Approach. In 4th Asian Education Symposium (AES 2019) (pp. 196-202). Atlantis Press.
Keliat, N. R. (2016). Natalia Keliat THE PROFILE OF STUDENTS’LEARNING STYLES AND THEIR EFFECTS ON GRADE POINT AVERAGE (GPA) ACHIEVEMENT. Edutech, 188–198. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=2KRV5-YAAAAJ&citation_for_view=2KRV5-YAAAAJ:2osOgNQ5qMEC
Khalid, F., Ahmad, M., Karim, A. A., Daud, M. Y., & Din, R. (2015). Reflective Thinking: An Analysis of Students’ Reflections in Their Learning about Computers in Education. Creative Education, 06(20), 2160–2168. https://doi.org/10.4236/ce.2015.620220
Kurniawan, F. (2020). Transformasi digital dan gaya belajar. Banyumas: Pena Persada. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=MQjY72gAAAAJ&citation_for_view=MQjY72gAAAAJ:_Qo2XoVZTnwC
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595.
L. A Yuen Lie, L. (2011). A comparison of students’ reflective thinking across different years in a problem-based learning environment. Instructional Scienc, 39, halaman171–188. https://link.springer.com/article/10.1007/s11251-009-9123-8
Laila, Z., Aima, Z., & Yunita, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Horizon, 1(3), 588–600. https://doi.org/10.22202/horizon.v1i3.5257
Lee, H. J. (2005). Understanding and assessing preservice teachers’ reflective thinking. Teaching and Teacher Education, volume 21(699–715). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tate.2005.05.007
Lutfiananda, I. (2016). berkemampuan awal rendah dilaksanakan pada 16 Oktober 2015 mulai pukul 55. 55–235.
Marpaung, J. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 2(2), 13–17. https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.302
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Smp Pada Pembelajaran Daring. PERISAI: Jurnal Pendidikan Dan Riset Ilmu Sains, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.32672/perisai.v1i1.52
Millatul, F. (2015). Analisis berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah matematika materi garis singgung lingkaran kelas VIII A (Unggulan) di MTs Negeri Pagu.
Nabilah. (2023). 2643-Article Text-13922-1-10-20230118. 5(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2643
Nindiasari, H. (2013). Meningkatkan kemampuan dan disposisi berpikir reflektif matematis serta kemandirian belajar siswa SMA melalui pembelajaran dengan pendekatan metakognitif. UPI: Himpunan Matematika Indonesia, 1.
Nur Janatie, A. N. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR REFLEKTIF MATEMATIS BERDASARKAN GAYA BELAJAR BOBBI DEPOTER.
Nurhidayah, D. A. (2015). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 13–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v3i2.83
Pamungkas, A. S., Mentari, N., & Nindiasari, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Berdasarkan Gaya Belajar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 69. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.209
Prashing, B. (2007). The Power of Learning Styles: Mendongkrak Anak Melejitkan Prestasi dengan Mengenali Gaya Belajarnya. https://books.google.co.id/books?id=-7TSFe4HzGQC&lpg=PA5&ots=Cq68m6gpq_&dq=Barbara Prashnig (2007)%2C &lr&hl=id&pg=PA14#v=onepage&q=Barbara Prashnig (2007),&f=false
Priyatna, A. (2013). Pahami Gaya Belajar Anak! https://books.google.co.id/books?id=WitIDwAAQBAJ&lpg=PP1&ots=vUwEQR3UqF&dq=Priyatna%2C A. (2013). Pahami Gaya Belajar Anak!. Elex Media Komputindo.&lr&hl=id&pg=PP1#v=onepage&q=Priyatna, A. (2013). Pahami Gaya Belajar Anak!. Elex Media Komputindo.&f=false
Puspita, M. D., Prayito, M., & Sugiyanti, S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Visual. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 141–150. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5776
Reskiah, Rahman, A., & Dassa, A. (2017). Profil Berpikir Reflektif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Aljabar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Wonomulyo Sulbar. Prosiding Seminar Nasional, 3(1), 138–146.
Sabandar, J. (2014). Pemecahan Masalah Matematik Dalam Matematika Realistik. Staff. Uny. Ac. Id/Default/Files/131930135/2009a_PM_ Dalam_PMR. Pdf Diambil Juni.
Sarlan, S. (2021). Hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 57–65. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1460
Suharna, H. (2012). Teori Berpikir Reflektif dalam Menyelesaikan Masalah Matematika.
Suharna, H., Nusantara, T., Subanji, & Irawati, S. (2013). Berpikir Reflektif Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. KNPM V, Himpunan Matematika Indonesia, 280–291.
Sukmawati, A., Harjono, A., & Ermiana, I. (2022). Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 125–129. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1461
Sundayana, R. (2018). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262
Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037
Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1). https://doi.org/10.18551/erudio.2-1.2
Yamin, M., Wahyu Triutami, T., & Subarinah, S. (2022). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Cerita pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel terhadap Efikasi Diri Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2150
Yenni, Y., & Sukmawati, R. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Berdasarkan Minat Belajar Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 75. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2283
DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v5i3.25416
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika