ANALISIS PENDAHULUAN PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA (LKM) BERBASIS PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING
Sari
Adanya wabah Covid-19 saat ini yang terjadi di dunia, merubah pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran online. Selain itu, kemampuan memahami materi perkuliahan harus didapatkan mahasiswa dengan mandiri, tidak didapatkan hanya dari dosen saja. Untuk itu, perlu dikembangkan suatu bahan ajar yang mumpuni agar kegiatan perkuliahan tetap berjalan dengan baik salah satunya dalam bentuk Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis penemuan terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan dari mahasiswa terhadap bahan ajar yang digunakan selama ini. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Mc Kenny. Kegiatan analisis kebutuhan terdiri dari analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis kebutuhan mahasiswa. Data kualitatif yang sudah diperoleh kemudian dilanjutkan dengan mereduksi data, penyajian data dan dilanjutkan dengan menarik kesimpulan. Hasil dari analisis kurikulum, akan dibentuk suatu Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) pada materi parabola mata kuliah Geometri Analitik Bidang dan Ruang. Hasil dari analisis konsep akan dibahas 2 buah bahan kajian yakni persamaan parabola dan Garis singgung parabola. Hasil dari analisis pendahuluan diperlukan adanya Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis penemuan terbimbing. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa mahasiswa memerlukan sebuah bahan ajar dalam bentuk Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis penemuan terbimbing
Teks Lengkap:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v5i4.25662
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika