PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI PELUANG MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN TAHAPAN POLYA
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi peluang dengan pendekatan matematika realistic dan tahapan polya yang memenuhi kriteria sangat valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and design) dengan model ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPIT Tunas Bnagsa Cilegon materi Peluang semester genap. Instrument pengumpulan data berupa Lembar Validasi Ahli dan Angket kemudian dianlisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan uji validitas ahli media memberikan penilaian dengan persentase 90%, serta ahli Pendidikan dengan persentase 81% dan ahli materi dengan persentase 80%. Dari ketiga persentase tersebut diperoleh kriteria “sangat valid”. Uji kepraktisan dinyatakan sangat praktis dengan tingkat kepraktisan 86%.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anisah & sri lastuti. (2018). Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa PGSD ditinjau dari aspek Gender. Jurnal Pendidikan Mipa.
Harahap, E.R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Vol 7 Nomor 1. April 2017. Prodi Pendidikan Matematika UNIMED.
Junaedi, Y., & Wahyudin, W. (2020, May). Improving Student’s Reflective Thinking Skills Through Realistic Mathematics Education Approach. In 4th Asian Education Symposium (AES 2019) (pp. 196-202). Atlantis Press.
Junaedi, Y., Maryam, S., & Anwar, S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP pada Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 34-40.
Junaedi, Y., Mukhoyyaroh, Q., & Anwar, S. (2024). OPTIMALISASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SD MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS ETHNO-RME. Jurnal Abdimas Sang Buana, 5(2), 79-86.
Junaedi, Y., Anwar, S., & Hilmi, Y. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Augmented Reality berbasis Ethno–RME Kebudayaan Suku Baduy dalam Optimasi Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 17(2), 140-149.
Kamarullah, (2017). Pendidikan Matematika Sekolah Kita. Al-Khawarizmi
Wahyugi, R., & Fatmariza, F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan , 3(3), 785–793. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/439
Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika.
DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v5i4.25922
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika