Pengaruh Multiple Goals Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas

Asti Nurul Syifa, Ria Sudiana, Fakhrudin Fakhrudin

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh Multiple Goals terhadap Motivasi Belajar Matematika siswa SMAN 1 Pandeglang. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 96 siswa sekolah  menengah atas dari SMAN 1 Pandeglang XII-IPA, yang terdiri dari XII IPA I, XII IPA II dan XII IPA III. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dalam bentuk kuisioner dan wawancara tidak langsung. Teknis analisis data yang digunakan yaitu teknik statistik deskriptif dan inferensial yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas serta pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif (rendah) dan signifikan multiple goals terhadap motivasi belajar matematika, berdasarkan  (3,993 > 0,202 ) dengan taraf signifikansi 5%. Pengaruh multiple goals terhadap motivasi belajar matematika yaitu sebesar 15,7%


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ansori. (2015). 済無No Title No Title No Title. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April).

Gottman, J. M., Coan, J., Carrere, S., Swanson, C., Gottman, J. M., Coan, J., Carrere, S., & Swanson, C. (1998). Predicting Marital Happiness and Stability from Newlywed Interactions Published by : National Council on Family Relations Predicting Marital Happiness and Stability from Newlywed Interactions. Journal of Marriage and Family, 60(1), 5–22. https://doi.org/10.1002/job

Guntzviller, L. M. (2017). Testing Multiple Goals Theory With Low-Income, Mother-Child Spanish-Speakers: Language Brokering Interaction Goals and Relational Satisfaction. Communication Research, 44(5), 717–742. https://doi.org/10.1177/0093650215608238

Hafsah, S. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Skripsi, 4.

Hidayat, Y., & Indonesia, U. P.(2018). 00. 2012. Pengaruh Goal Setting Dan Self-Monitoring Dalam Pe. October.

Kaufman, A., & Dodge, T. (2009a). Persepsi dan motivasi siswa di kelas: mengeksplorasi keterkaitan dan nilai. 101–112.

Kaufman, A., & Dodge, T. (2009b). Student perceptions and motivation in the classroom: Exploring relatedness and value. Social Psychology of Education, 12(1), 101–112. https://doi.org/10.1007/s11218-008-9070-2

Kim, T., & Yang, D. (2020). Multiple goals, attention allocation, and the intention-achievement gap in energy efficiency innovation. Sustainability (Switzerland), 12(17), 1–13. https://doi.org/10.3390/su12177102

KURNIAWATI, P. F. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di Mi Diponegoro 03 Karangklesem Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas Skripsi. Pendidikan, 1–30.

http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/4003

Larasati, I. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Persamaan Linear Satu Variabel Pada Siswa Kelas Vii-C Smp Bopkri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 52.

Martínez, J. F., Santibanez, L., & Mori, E. E. S. (2013). Educational opportunity and immigration in méxico: Exploring the individual and systemic relationships. Teachers College Record, 115(10), 11–21. https://doi.org/10.1177/016146811311501002

Ng, C. C. (2018). Pelajar SMA ’ Motivasi untuk Belajar Matematika : Peran Beberapa Tujuan. November 2016, 357–375.

Ohbuchi, K. I., & Fukushima, O. (1996). Antecedents and effects of multiple goals in conflict resolution. International Journal of Conflict Management, 7(3), 191–208. https://doi.org/10.1108/eb022781

Pantziara, M., & Philippou, G. N. (2015). Students’ motivation in the mathematics classroom. Copyright of International Journal of Science & Mathematics Education, 13(November 2013), 385–412.

Rita Hazarida, Hera Deswita, R. R. (2019). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rambah Hilir. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sakarya, T. H. E., & Of, J. (2018). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 7(2), 44–68.

Valle, A., Cabanach, R. G., Núñez, J. C., González-Pienda, J., Rodríguez, S., & Piñeiro, I. (2003). Multiple goals, motivation and academic learning. British Journal of Educational Psychology, 73(1), 71–87. https://doi.org/10.1348/000709903762869923

Wahyuni, Y. (2021). Analisis motivasi belajar matematika Siswa Kelas XII IPA SMA Bunda Padang. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 52–59. https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.6022

SUGIYONO, P. D. (2014). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Penerbit Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v5i4.26037

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika