Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa

Nuranisa Oktavia Suryani, Heni Pujiastuti, Aan Subhan Pamungkas

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan Articulate Storyline guna meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa pada materi segitiga. Media pembelajaran ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang menarik, efektif, dan berfokus pada pemahaman jenis-jenis segitiga, sifat-sifatnya, serta perhitungan luas dan keliling segitiga. Proses pengembangan melibatkan lima tahap utama: analisis kebutuhan, desain pembelajaran, pengembangan media, implementasi, dan evaluasi (ADDIE). Instrumen yang digunakan meliputi lembar wawancara, angket validasi ahli media, ahli materi, respon guru, respon siswa, serta soal pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data yang dilakukan secara deskrptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil pengembangkan menunjukkan tingkat kevalidan yang diperoleh dari penilaian ahli media sebesar 80% (valid) dan ahli materi sebesar 77% (valid). Tingkat kepraktisan diperoleh dari hasil respon guru mata pelajaran matematika sebesar 78% (praktis). Respon siswa menunjukkan hasil 80% (baik), dan nilai normalized gain sebesar 0,53 (sedang). Siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan media pembelajaran ini, menunjukan peningkatan kemampuan literasi matematis. Dengan demikian, penggunaan media Articulate Storyline sebagai alat bantu pembelajaran dalam materi segitiga terbuti efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afrizal, M. (2019). Pembuatan Program Pembelajaran Berbantuan Komputer. In Repository.Unib.Ac.Id. fkip.unib.ac.id/unit-penerbitan/

Agustina, U., & Elan. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Articulate Storyline pada Materi Keragaman Budaya terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Sdn Sindangheula 02 Uus Agustina, Elan. 5(3), 165–169.

Akbar, D. W., & Amry, Z. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Articulate Storyline 3 Berbasis Android. 03(1), 12–21.

Choirum Masruroh, N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline 3 terhadap Pemahaman IPA pada Pembelajaran Daring Kelas VI MIN 2 Sidoarjo. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA.

Darnawati, Jamiludin, La Batia, Irawaty, & Salim. (2021). Pemberdayaan Guru melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Articulate Storyline. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 101–107.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas, 346.

Fatia, I., & Ariani, Y. (2020). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran Faktor dan Kelipatan Suatu Bilangan di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 503–511.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Edukimia, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.24036/ekj.v1.i1.a10

Hakiki, I. A. (2021). Level Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA ditinjau dari Kemampuan Matematika. 10(2).

Hamdan, B. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. In Tim Fatawa Publishing (Issue October).

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Juliana, M., Safitri, M., Jamaludin, M. M., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran (T. Limbong (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Hanim, Z., Diana, R., Soe’oed, R., & Sallu, S. (2021). Interactive Learning Multimedia Development Using Articulate Storyline 2 on Plant Breeding Course in State Vocational School Loa Janan, East Kalimantan, Indonesia. Psychology and Education Journal, 58(1), 5628–5636. https://doi.org/10.17762/pae.v58i1.2184

Hera Novita Sari, R. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? 713–720.

Hidayanti, I., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Siswa SD Kelas Tinggi. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 4(3), 539–546.

Kafifah, A., Sugiarti, T., Oktavianingtyas, E., & Jember, U. (2018). Pelevelan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan kemampuan Matematika dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship. 9(3), 75–84.

Khotimah. (2018). Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Dengan Pendekatan Metacognitive Guidance ( Improving Mathematical Literacy Skills Using Metacognitive Guidance Approach Assisted By Geogebra). GAUSS Jurnal Pendidikan Matematika, 01(01), 53–65.

Latif, N. S. (2020). Matematika Sebagai Ratu dan Pelayan Ilmu serta Matematika Sebagai Bahasa. Jurnal Mitra Manajemen.

Malik, A. (2018). Pengantar Statistika Pendidikan (Pertama). Deepublish.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika (A. Dzatin (ed.); Pertama). CV Budi Utama.

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan (A. Nuryanto (ed.); Pertama). UNY Pres.

NCTM. (2020). Standards for the Preparation of Secondary Mathematics Teachers. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc., May, 1–84.

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. In Autistic States in Children. https://doi.org/10.4324/9781003090366

Pratama, R. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di Smp Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19–35. https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1631

Rahmah, N., & Aminah, N. (2021). Development of GES-Math Learning Media Based on Android Using Articulate Storyline on The Subject of Two-Variable Linear Equation System (TVLES) of State Junior High School. Alauddin Journal of Mathematics Education Journal Homepage, 3(1), 38–52. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/ajme

Rakasiwi, N. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Metode Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Matematika Kelas IV. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 60–70. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3741

Ramdani, I. (2014). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Memfasilitasi Pencapaian Literasi Matematika Siswa Kelas VII (Issue 564).

Ramli, D. M. (2012). Media Teknlogi Pembelajaran. 1–3.

Ratih, D., & Ningtias, W. (2021). Penggunaan Aplikasi Articulate Storyline Dalam Pembelajaran Mandiri Teks Negosiasi Kelas X Boga di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1), 25–36.

Rayanto, Y. H. S. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE & R2D2 (T. Rokhmawan (ed.); Pertama). Lembaga Academic & Research Institute.

Rimawati, E. (2016). Ragam Media Pembelajaran (A. (CV. S. D. Jarot (ed.)).

Samsuriah. (2021). Implementasi Articulate Storyline dalam Pembuatan Bahan Ajar Digital Pada Mata Kuliah Teknik Riset Operasi. Jurnal Informatika Progres, 13 No 1 (2(2086–8359), 30.

Santoso, B. (2016). Pengembangan Perangkat pembelajaran Model IDEAL Problem Solving Dengan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII. In Skripsi. https://lib.unnes.ac.id/28844/

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan Ke). Alfabeta.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v5i3.26039

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika