ANALISIS HASIL BELAJAR MAHASISWA TERHADAP HASIL KUESIONER KINERJA DOSEN KELAS H MATA KULIAH KALKULUS 2 INSTITUT TEKNOLOGI KALIMANTAN

Surya Puspita Sari, Farida Nur Hayati, Ferdy Novri

Abstract


Kalkulus 2 adalah mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa semester 2 di Institut Teknologi Kalimantan. Matakuliah ini memberikan konsep dasar berfikir matematis pada mahasiswa dalam menyelesaikan masalah-masalah real serta menjadi dasar kemampuan untuk mengikuti mata kuliah tingkat lanjut yang menerapkan konsep kalkulus di dalamnya. Metode assesment pada mata kuliah ini meliputi ujian tertulis berupa kuis, post test, ujian tengah dan akhir semester, tugas mandiri/kelompok, dan keaktifan. Sedangkan komposisi nilai evaluasi berdasarkan nilai Sub CMPK 1, Sub CMPK 2, Sub CMPK 3, Sub CMPK 4, Sub CMPK 5, Sub CMPK 6 dan Sub CMPK 7. Hasil kuesioner kinerja dosen adalah evaluasi yang selalu dilakukan oleh mahasiswa setelah proses belajar mengajar selama satu semester selesai. Hasil kuesioner kinerja dosen yang baik haruslah linier dengan hasil evaluasi mahasiswa yang baik pula. Oleh karena itu dilakukan analisis terkait hubungan antara kuesioner kinerja dosen sebagai variabel respon dengan nilai evaluasi sebagai variabel prediktor dengan analisis statistika deskriptif, uji ANOVA dan uji parsial t. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa tidak ada variabel prediktor yang berpengaruh signifikan terhadap variabel respon. Hal ini juga dibuktikan dengan nilai R2 Adjusted sebesar 0,14%. Hal tersebut memiliki arti bahwa kemampuan variabel prediktor dalam penelitian ini mempengaruhi variabel respon sebesar 0,14%, sedangkan sisanya sebesar 99,86% dijelaskan oleh variabel lain selain variabel prediktor dalam penelitian ini. Berdasarkan komentar mahasiswa pada kuesioner kinerja dosen, diketahui bahwa mahasiswa sangat mengapresiasi kualitas mengajar dosen meskipun mahasiswa tidak mampu menyerap optimal apa yang diajarkan dosen tersebut karena mata kuliah Kalkulus 2 adalah mata kuliah yang berat.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aziz, K.W., Prasetyo, Y., & Sukmono, D. (2018). Analisis regresi linier terhadap pola histogram spektral algoritma ndvi, evi, dan lswi untuk mengestimasi tingkat produktivitas padi (studi kasus: kabupaten demak, jawa tengah). Jurnal Geodesi Undip. Vol. (7 )1, 172-181.

Basirun, Ristu Haiban Hirzi, Muanah. (2023). Pemodelan analisis regresi linier berganda dalam pembentukan tekanan biogas. Jurnal Agrotek Ummat, (10)3, 232-240.

Martin, Julia., Ana María Jiménez, María José Navas, María Ángeles Fernández-Recamales and Agustin G. Asuero. (2017). Multiple Linear Regression: An Overview with Analytical and Physico-Chemical Applications. International Journal of Advanced Research in Chemical Science, 4(11), 32-60. http://dx.doi.org/10.20431/2349-0403.0411005.

Padilah, Tesa Nur dan Riza Ibnu Adam. (2019). Analisis Regresi Berganda dalam Estimasi Produktivitas Tanaman Padi di Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Matematikan dan Matematika, (5)2, 117-128.

Theofani, Gracia dan Eko Sediyono. (2022). Multiple Linear Regression Analysis on Factors that Influence Employees Work Motivation. Jurnal dan Penelitian Teknik Informatika,(6)3, 791-798. https://doi.org/10.33395/sinkron.v7i3.11453.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/wjirpm.v6i1.27212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika