PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN METAKOGNISI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Irna Iryani, Nenden Suciyati Sartika, Eka Rosdianwinata

Sari


Matematika merupakan pelajaran yang tidak bisa dihindari dalam dunia pendidikan. Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah komunikasi matematis. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah model problem based learning dengan pendekatan metakognisi dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih dua kelas sampel yaitu kelas XI 2 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran model  Problem Based Learning dengan pendekatan metakognitif dan kelas XI 4 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis. Kesimpulan penelitian ini adalah model Problem Based Learning dengan pendekatan metakognisi dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil dari rata-rata N-Gain kemampuan komunikasi matematis adalah 0,5454 sehingga dinyatakan bahwa kelas Problem Based Learning memiliki peningkatan dengan klasifikasi sedang.  


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anderha, R. R., & Maskar, S. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring Materi Eksponensial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.438

Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.517

Fitaloka, R. D., Netriwati, N., & Fadila, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep Matematis. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME), 5(2), 19–34. https://doi.org/10.36269/hjrme.v5i2.847

Ismayanti, S., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII di Kampung Cigulawing. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 183–196. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1036

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, March). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012069). IOP Publishing.

Junaedi, Y., Mukhoyyaroh, Q., & Anwar, S. (2024). OPTIMALISASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SD MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS ETHNO-RME. Jurnal Abdimas Sang Buana, 5(2), 79-86.

Kurniawan, P., & Wijayanti, P. (2022). Profil Metakognisi Siswa Sma Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Fungsi Komposisi Dan Fungsi Invers Ditinjau Dari Kemampuan Siswa. MATHEdunesa, 11(3), 644–656. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p644-656

Lubis, R. N., Meiliasari, & Rahayu, W. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(2), 23–34. https://doi.org/10.21009/jrpms.072.03

Masriani, M., Kalsum, U., & Arsyad, A. A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Sma Menggunakan Problem Based Learning Dengan Pendekatan Metakognitif. PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 5(1), 16–22. https://doi.org/10.31605/phy.v5i1.2043

Nugraha, T. H., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.5880

Nurhasanah, R. A., Waluya, S. B., & Kharisudin, I. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 2017, 769–775.

Pertiwi, P. D., & Nindiasari, H. (2021). Pengaruh Pendekatan Metakognitif terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 556–564. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1820

Rianti Rahmalia, Hajidin, H., & BI. Ansari. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Disposisi Matematis Siswa Smp Melalui Model Problem Based Learning. Numeracy, 7(1), 137–149. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.1038

Risqi Ervera Nur Arifah, Sukirman, S. (2019). Development of Bilomatika Educational Game to Improve Student Learning Outcomes on Mathematics in The First Grade of Elementary School. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 6(6), 617–624. https://doi.org/10.25126/jtiik.201961310

Rosdianwinata, E., Rifa’i, R., Sutihat, S., & Suryani, N. (2022). Efektifitas Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Berbantu QR Code Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 58–65. https://doi.org/10.30653/003.202281.212

Saputro, M., Firdaus, M., & Rika. (2022). 2022, Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Metakognisi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Kelas VIII SMP. 1(8), 771–776.

Sartika, N. S., Arifiyanti, S. D., & Ramadina, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Mts Ma Cikaliung. Jurnal Math-UMB.EDU, 7(3), 19–26. https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v7i3.903

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. ALVABETA CV.

Wardana, R. W., Prihatini, A., & Hidayat, M. (2020). Identifikasi Kesadaran Metakognitif Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.1-9

Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2022). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 6(3), 6224–6233. https;//jbasic.org/index.php/basicedu

Yanti, R. nova, Melati, ai sri, & Zanty, luvy sylviana. (2019). Analisis kemampuan pemahaman dan kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada materi relasi dan fungsi 1,2,3. 3(1), 209–219.

Yulianto, D., Junaedi, Y., Juniawan, E. A., & Anwar, S. (2024). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP melalui Pendekatan Matematika Realistik dengan Model PBL dan CTL Berbasis Project-Based Learning pada Penyelesaian Soal AKM di Kabupaten Lebak Banten. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 9(1), 57-76.

Yusup, Y. J., Lutfi, M. K., & Kusumastuti, F. A. (2022). LEVEL BERPIKIR KKREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN HYBRID. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v5i4.28376

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika