Pengembangan E-Lkpd Berbasis Stem Dengan Menggunakan Wizer.me Untuk Mendukung Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Nugraha Wiratama, Nurul Anriani

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya pemahaman siswa terhadap kemampuan berpikir kritis yang diakibatkan karena kurangnya guru dalam memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran mengakibatkan munculnya rasa bosan, lelah, malas, dan mengantuk pada siswa dapat menyebabkan kualitas pengajaran menjadi buruk dan siswa menjadi kurang memiliki kemampuan berpikir kritis karena tidak tertarik dalam matematika. Maka dari itu, diperlukan pengembangan E-lkpd berbasis stem dengan menggunakan wizer.me untuk mendukung kemampuan berpikir kritis siswa. Model yang digunakan dalam penelitian yaitu model pengembangan 4D yang mencakup tahap Define, Design, Development, Disseminate. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Kota Serang dengan subjek penelitian kelas VII berjumlah 35 siswa. Uji coba pertama adalah validasi produk oleh tiga dosen matematika untirta dan satu guru matematika hasil uji kevalidan E-lkpd yang telah dikembangkan berdasarkan ahli materi diperoleh nilai 86% dan ahli media diperoleh nilai 80%, sehingga keduanya didapat kriteria sangat valid. Sedangkan uji coba kedua yaitu uji kepraktisan hasil respon siswa mendapatkan persentase 88% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut produk yang dikembangkan layak digunakan untuk mendukung kemampuan berpikir kritis siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121–130. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.25

Haqsari, R. (2014). Pengembangan dan Analisis E-Lkpd (Elektronik - Lembar Kerja Peserta Didik) Berbasis Multimedia pada Materi Mengoperasikan Software Spreadsheet. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta, 53(9), 1689–1699.

Hasanah, H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis STEM pada Materi Bangun Ruang. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 91–100. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.582

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Peranan Kemampuan Verbal dan Kemampuan Numerik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 5(2), 110. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.669

Kemendikbud. (2012). “UU No 12 Tahun 2012,” (Vols. 1–60). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 9–46. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344

Mardiah, S., Widyastuti, R., & Rinaldi, A. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Metode Inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 119. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2228

Purwanto, P., & Meinarsih, Y. (2018). Animasi Pembelajaran Biologi untuk Kelas X Sma Berbasis Multimedia. Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer, 7(2), 281–285. https://doi.org/10.30591/smartcomp.v7i2.972

Rahmania, M. D., Fatah, A., & Anriani, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika SIswa SMP. ABSIS: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2), 653–665.

Rizki, S., & Linuhung, N. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Berbasis Kontekstual dan Ict. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 5(2), 137. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.674

Saluky, S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Web Dengan Menggunakan Wordpress. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 5(1), 80–90. https://doi.org/10.24235/eduma.v5i1.685

Sarigoz, O. (2012). Assessment of the High School Students’ Critical Thinking Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 5315–5319. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.430

Susanti, E., & Kurniawan, H. (2020). Design Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan STEM. Jurnal Aksioma, 11(1), 37–52.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v5i4.29002

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika