ANALISIS COMPUTATIONAL THINKING SKILLS SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
Sari
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya comptutational thinking skills dalam menghadapi permasalahan yang semakin kompleks. Selain itu pembelajaran berdiferensisasi merupakan salah satu pendekatan yang penting untuk dapat memfasilitasi kesiapan belajar dan gaya belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti ini bertujuan untuk menganalisis computational thinking skills siswa SMA melalui pembelajaran berdiferensiasi pada materi geometri ruang. Metode penelitian termasuk termasuk deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XII-1 SMAN 1 Bojongmanik sebanyak 3 subjek penelitian terpilih berdasarkan kategorisasi computational thinking skills. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes uraian, modul ajar, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa comptutational thinking skills siswa SMA Negeri 1 Bojongmanik sejumlah 40 siswa terbagi menjadi tiga kategori: tinggi (22,5%), sedang (57,5%), dan rendah (22%). Siswa kategori tinggi mampu memenuhi semua indikator (dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan algoritma). Siswa kategori sedang memenuhi tiga indikator awal tetapi belum mampu berpikir algoritma. Siswa kategori rendah hanya memenuhi dekomposisi dan pengenalan pola, tanpa menunjukkan abstraksi dan berpikir algoritma dalam menyelesaikan masalah.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adler, R. F., & Kim, H. (2018). Enhancing future K-8 teachers’ computational thinking skills through modeling and simulations. Education and Information Technologies, 23, 1501-1514.
Bower, M., Wood, D., Howe, C., & Lister, R. (2017). Computational thinking in education. Education and Information Technologies, 22(4), 1235-1256.
Budiarti, H., Wibowo, T., & Nugraheni, P. (2022). Analisis berpikir komputasional siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 1102-1107. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.752
Fani, M. (2023). Penerapan model problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika sd. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10132-10138. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2413
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636-646.
Heacox, D. (2012). Differentiating instruction in the regular classroom: How to reach and teach all learners. Free Spirit Publishing.
Jamna, N. D., Hamid, H., & Bakar, M. T. (2022). Analisis kemampuan berpikir komputasi matematis siswa smp pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(3), 278-288.
Junaedi, Y., Anwar, S., & Hilmi, Y. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Augmented Reality berbasis Ethno–RME Kebudayaan Suku Baduy dalam Optimasi Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 17(2), 140-149.
Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, March). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012069). IOP Publishing.
Junaedi, Y., Mukhoyyaroh, Q., & Anwar, S. (2024). OPTIMALISASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SD MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS ETHNO-RME. Jurnal Abdimas Sang Buana, 5(2), 79-86.
Kamil, M. R. (2021). Analisis kemampuan berpikir komputasional matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Cikampek pada materi pola bilangan. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(2), 259-270.
Lestari, A. C., & Annizar, A. M. R. (2020). Proses berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah PISA ditinjau dari kemampuan berpikir komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46-55.
Lestari, S., & Roesdiana, L. (2023). Analisis kemampuan berpikir komputasional matematis siswa pada materi program linear. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 178-188.
Maharani, S., Kholid, M. N., Pradana, L. N., & Nusantara, T. (2019). Problem solving in the context of computational thinking. Infinity Journal, 8(2), 109-116.
Marom, S. (2023). Keefektifan penggunaan wolframs mathematica dalam injeksi cara berpikir komputasional pada proses pemodelan matematika. Teorema Teori Dan Riset Matematika, 8(1), 81. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.7933
Nurhidayat, N. (2023). Pengaruh kemampuan operasi hitung matematika, kemampuan berpikir divergen dan kecerdasan linguistik siswa terhadap hasil belajar matematika. Kognitif Jurnal Riset Hots Pendidikan Matematika, 3(2), 115-128. https://doi.org/10.51574/kognitif.v3i2.956
Ramadhan, M. R., & Diana, H. A. (2022). Analisis Level Kemampuan Pemahaman Matematis dan Metakognitif Siswa SMP. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 13-27.
Supiarmo, M., Mardhiyatirrahmah, L., & Turmudi, T. (2021). Pemberian scaffolding untuk memperbaiki proses berpikir komputasional siswa dalam memecahkan masalah matematika. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 368-382. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.516
Supiarmo, M. G. (2021). Transformasi proses berpikir komputasional siswa sekolah menengah atas pada pemecahan masalah matematika melalui refleksi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. ASCD.
Tsai, M. C., & Tsai, C. W. (2018). Applying online externally-facilitated regulated learning and computational thinking to improve students’ learning. Universal Access in the Information Society, 17(4), 811-820.
VanTassel-Baska, J. (2004). Comprehensive curriculum for gifted learners. Pearson.
Yusup, Y. J., Lutfi, M. K., & Kusumastuti, F. A. (2022). LEVEL BERPIKIR KKREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN HYBRID. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-14.
Zhong, B., Wang, Q., Chen, J., & Li, Y. (2016). An exploration of three-dimensional integrated assessment for computational thinking. Journal of Educational Computing Research, 53(4), 562-590.
DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v5i4.30195
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika