Hubungan Antara Self-Confidence Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Moh. Rizal Umami, Yusup Junaedi, Dwi Yulianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas VIII SMP Nurul Madany Cipanas Kabupaten Lebak. Metode pada penelitian ini menggunakan kuantitatif korelasional. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket self-confidence dengan model skala likert dan tes pemahaman konsep matematis dengan berbentuk essay. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self-confidence dengan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Nurul Madany dengan nilai r hitung atau product moment sebesar 0, 607 > 0, 254 dengan nilai signifikansi 0,05 yang artinya semakin tinggi nilai self-confidence siswa, maka semakin baik juga pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Nurul Madany begitupun sebaliknya. Nilai koefisien determinasi self-confidence dan pemahaman konsep matematis adalah sebesar 36,84% serta sisanya yaitu sebesar 63,16% dipengaruhi oleh faktor lain.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akbari, Omidullah. 2020. Students’ Self-Confidence and Its Impacts on Their Learning Process. American International Journal of Social Science Research, Vol. 5, No.1, 2020.

Annisa, 2021. Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Gambar Ilustrasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 01, No. 02, 2021.

Anwar, S., & Junaedi, Y. (2021). PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN SELF CONCEPT SISWA SMP. GEOMATH, 2(1), 1-9.

Daulay, Nurrusakinah. dkk. 2023. Implikasi Bimbingan Kelompok tentang Dampak Negatif Aplikasi Tiktok terhadap Kepercayaan Diri Remaja. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 3, No. 3, 2023.

Diana, putri, Indiana Mareti, Aan Subhan Pamungkas. 2020. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), Vol. 4, No. 1, Januari 2020.

Doni, Sirat Erlando. 2016. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Vol. 6, No.1, 2016.

Fadilah, S., Junaedi, Y., & Umami, M. R. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematis pada Materi Peluang ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Limit Multidisiplin, 1(2), 70-78.

Fauziah, Nur Siregar. 2021. Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 5, No. 2, 2021.

Febryani, Anita, Arif Rahman hakim, Nadun. 2017. Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2, No. 1, 2017.

Hadi, Sutarto. 2015. Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (pair chek).

Heni, Pujiastuti. 2021. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Alkhawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, Vol. 5, No. 1, 2021.

Handayani, Shinta Dewi. (2016). Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan SiswTerhadap Pemahaman Konsep Matematika.

Husaini Usman. 2015. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

Islami, Anisyak, Nur Rusliah. 2019. Pengaruh Self-Confidence Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami. Vol. 3, No.1, September 2019, hlm. 187-193.

Junaedi, Y., Umami, M. R., & Anwar, S. (2024). ANALISIS COMPUTATIONAL THINKING SKILLS SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 5(4), 306-314.

Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2023, December). Profil Kemampuan Awal Literasi Matematis melalui Pretest Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) Program Kampus Mengajar Angkatan 5. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 3, pp. 369-374).

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, March). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012069). IOP Publishing.

Kadir. 2017. Statistika Terapan: Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lesrel dalam Penelitian. Depok: Rajawali pers

Kemendikbud. 2014. Kurikulum 2013 Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kemendikbud

Maspupah. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran CD Interaktif terhadap Pemahaman Konsep Lingkaran Siswa.

M. Jainuri, Ade Susanti, Taufik Usman. 2020. Hubungan Konsep Diri Dengan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII. Mat-Edukasia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 5, No. 1, April 2020.

Meika, I., Sujana, A., & Umami, M. R. (2016). Upaya meningkatkan pemahaman konsep matematik dengan model Snowball Throwing pada siswa kelas viii SMP Plus Mathla’Ul Anwar Cibuah. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, I, 21–28.

Mufarohah. 2013. Hubungan Percaya Diri dengan Intensitas Perilaku Menyontek Siswa Madrasah Aliyah Salafiah Bangil Pasuruan. Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrohim, 2013.

Novitasari, Dian. 2015. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, Vol. 2, No. 2, 2015.

Nurfahriani, Irma. 2018. Hubungan Kepercayaan diri Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol. 1, No. 4, Juli 2018

Ruswana, Angre Meta. 2018. Hubungan Antara Self-confidence Mahasiswa Dengan Kemampuan Pemahaman Matematis Dalam Perkuliahan Kapita Salekta Matematika IV. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, Vol. 2, No. 1, April 2018.

Sacita Sukma Dewi, dkk. Analisis Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda Soal Olimpiade Matematika (OMI) Tingkat SMP tahun 2018. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, Vol. 3, No. 1, juni 2019

Safitri. 2015. Hubungan Percaya Diri dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa kelas V SDN Keramatjati. Institutional Repository UIN Syarif Hidayatulloh, 2015.

Salsabila, dkk. 2023. Analisis Tingkat Relisensi Matematis Siswa Jurusan MIPA dan IPS di SMA. Community Development Journal, Vol. 4, No. 2, maret 2023.

Sanita Angelina, dkk. 2022. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Literasi Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sipispis. Journal of Social Science Research, Vol. 3, No. 2, mei 2022.

Sugiyono. 2019. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Syaipul Amri. 2018. Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakulikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol. 03, No. 02, 2018.

Unayah, U., Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2024). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Resiliensi Matematis dan Gender. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 17(2), 118-127.

Usmadi. 2020. Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, Vol. 7, No. 1, Maret 2020.

Vuve Ona Rahma Suci, Melisa, Hamdunah. Hubungan Kepercayaan Diri Siswa Dengan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI MIA 1 SMAN 3 Lubukbasung Kabupaten Agam. Jurnal Horizon Pendidikan, Vol. 1, No. 4, November 2021.

Wahyuni. 2019. Upaya Guru dalam Peningkatan Percaya Diri Siswa di Sekolah Dasar Negeri 135 Rejang Lebong. IAIN Curup, 2019.

Wulandari, Anisa, Ali Nurcahya, Gida Kadarisma. 2018. Hubungan Antara Self Confidence Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Volume 1, No. 4, Juli 2018.

Yuyun Rahayu, Heni Pujiastuti. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan: Studi Kasus Di SMP Negeri 1 Cibadak. Pasundan Journal Of Research In Mathematics Learning And Education. Volume 3, No. 2, Desember 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/wjirpm.v6i1.31819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika