Analisis Literasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Berbasis TPACK Berbantuan Media E-learning

Fitri Anisa Kusumastuti, Muh. Khaedir Lutfi, Yusup Junaedi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dengan media e-learning terhadap peningkatan literasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen one-group pretest-posttest, dengan melibatkan 38 siswa kelas VIII. Data dikumpulkan melalui tes literasi matematis yang diberikan sebelum (pre-test) dan setelah (post-test) pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam literasi matematis siswa, dengan nilai rata-rata pre-test meningkat dari 58,00 menjadi 63,00 pada post-test. Uji t berpasangan menunjukkan nilai p = 0,000 < 0,05, yang mengindikasikan bahwa perubahan tersebut signifikan secara statistik. Selain itu, analisis korelasi menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara nilai pre-test dan post-test (r = 0.870). Kendala yang dihadapi dalam penerapan media e-learning berbasis TPACK meliputi keterbatasan infrastruktur teknologi, kurangnya pelatihan guru dalam integrasi teknologi dengan pedagogi dan konten, serta desain materi yang kurang interaktif dalam belum sepenuhnya mengacu pada literasi matematis siswa. Meskipun demikian, hasil penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran berbasis TPACK dengan media e-learning dapat meningkatkan literasi matematis siswa secara signifikan, dengan syarat adanya dukungan pengembangan media e-learning yang mengarah pada literasi matematis dan kemampuan guru menerapkan Model TPACK. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi pada pengembangan pembelajaran matematika berbasis teknologi yang lebih efektif

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmad, A. S., & Hamad, K. Y. (2020). Technology Integration in Teaching: A Study that Examines How Technology Integration Affects Student Achievement. Journal of Education and Culture, 4(3), 44. https://doi.org/10.22158/JECS.V4N3P44

Aufa, N., & Manoy, J. T. (2022). Student’s Mathematical Literacy in Solving Asesmen Kompetensi Minimum Question in terms of Gender. MATHEdunesa, 11(1), 219–229. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p219-229

Council, N. R. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics (J. Kilpatrick, J. Swafford, & B. Findell (eds.)). The National Academies Press. https://doi.org/10.17226/9822

Erduran, A., & Ince, B. (2018). Identifying Mathematics Teachers’ Difficulties in Technology Integration in Terms of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK). International Journal of Research in Education and Science, 4(2), 555–576. https://doi.org/10.21890/IJRES.428955

Fadilah, S., Junaedi, Y., & Umami, M. R. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematis pada Materi Peluang ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Limit Multidisiplin, 1(2), 70-78.

Helsa, Y., Juandi, D., Turmudi, T., & Darhim, D. (2022). The Descriptions of TPACK Oriented Mathematics Learning for Elementary Students. Elementary: Islamic Teacher Journal, 10(1), 43. https://doi.org/10.21043/elementary.v10i1.11746

Jiménez-Borreguero, L. J. (2023). Online Learning in Teaching Initial Math Education (pp. 657–667). https://doi.org/10.1007/978-981-19-9876-8_50

Junaedi, Y., Anwar, S., & Hilmi, Y. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Augmented Reality berbasis Ethno–RME Kebudayaan Suku Baduy dalam Optimasi Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 17(2), 140-149.

Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2024, April). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal AKM Program Kampus Mengajar Angkatan 6. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung (pp. 602-610).

Junger, A. P., Oliveira, V. I. De, Yamaguchi, C. K., & Lima, B. L. S. de. (2023). The role of school management in technological practices as a tool for futuristic teaching. GeSec, 14(7), 10749–10765. https://doi.org/10.7769/gesec.v14i7.2426

Jurdak, M. (2016). Mathematical Literacy: Does It Exist? (pp. 33–46). https://doi.org/10.1007/978-3-319-08204-2_3

Kali, Y., & McKenney, S. (2012). Teachers as designers of technology enhanced learning. 582–583.

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content knowledge? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1).

Kusumastuti, F. A., & Lutfi, M. K. (2024a). Implementasi Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Tangerang dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi. Social, Humanities, and Educational Studies, 7(3), 679–684.

Kusumastuti, F. A., & Lutfi, M. K. (2024b). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi dalam Implementasi Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Tangerang. Social, Humanities, and Educational Studies, 7(3), 2153–2158.

Kusumastuti, F. A., Lutfi, M. K., Joko Dewanto, I., & Rohmawati, A. (2024). Constructing Mathematical Literacy-Items with Corona Virus Disease as a Context. KnE Social Sciences, 2024, 1–8. https://doi.org/10.18502/kss.v9i8.15479

Kusumastuti, F. A., Lutfi, M. K., & Sitompul, I. (2024). MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN TPACK DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 4(1).

Lutfi, M. K., Kusumastuti, F. A., Akib, I., & Rohmawati, A. (2023). Media E-Learning Bangun Ruang Sisi Datar: Kelayakan pada Pembelajaran Daring. Edu Komputika Journal, 9(2), 78–87. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v9i2.54743

Maryani, N., & Widjajanti, D. B. (2020). Mathematical literacy: How to improve it using contextual teaching and learning method? 1581(1), 12044. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1581/1/012044

Mdhlalose, D., & Mlambo, G. (2023). Integration of Technology in Education and its Impact on Learning and Teaching. Asian Journal of Education and Social Studies, 47(2), 54–63. https://doi.org/10.9734/ajess/2023/v47i21021

Means, B., Toyama, Y., Murphy, R., Bakia, M., & Jones, K. (2009). Evaluation of Evidence-Based Practices in Online Learning. Structure, 66. www.ed.gov/about/offices/list/opepd/ppss/reports.html

Muirhead, R. J. (2007). E-learning: Is This Teaching at Students or Teaching With Students? Nursing Forum, 42(4), 178–184. https://doi.org/10.1111/J.1744-6198.2007.00085.X

OCDE. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. In PISA (Ed.), Perfiles Educativos (Vol. 1). OECD Publishing. https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714

Oryshchyn-Buzhdyhan, L. (2022). Benefits from online learning: empirical aspect. Problemi Sučasnoï Psihologìï, 3, 116–122. https://doi.org/10.26661/2310-4368/2022-3-15

Rakes, C. R., Stites, M. L., Ronau, R. N., Bush, S. B., Fisher, M., Safi, F., Desai, S., Schmidt, A. K., Andreasen, J., Saderholm, J., Amick, L., Mohr-Schroeder, M. J., & Viera, J. (2022). Teaching Mathematics with Technology: TPACK and Effective Teaching Practices. Education Sciences, 12(2), 133. https://doi.org/10.3390/educsci12020133

Rivai, A. A., Lestari, A., Munir, N. P., & Anas, A. (2022). Students’ Mathematical Literacy in Solving PISA Problems Observed by Learning Styles. Jurnal Pendidikan Matematika, 17(1), 121–134. https://doi.org/10.22342/jpm.17.1.19905.121-134

Sarnoto, A. Z., Hidayat, R., Hakim, L. G., Alhan, K., Sari, W. D., & Ika, I. B. (2023). Analisis Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 82–92. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2915

Sarumaha, Y. A. (2020). Introduction of TPACK in Mathematics Education Realm. Intersections, 5(2), 48–58. https://doi.org/10.47200/INTERSECTIONS.V5I2.606

Solikhah, P. P., Rahaju, E. B., & Prihartiwi, N. R. (2022). Students’ Mathematical Literacy Processes on PISA-Like Tasks with The Domain of Space and Shape. MATHEdunesa, 11(3), 732–743. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p732-743

Suraya, M., Hasibuan, S. S., Anjeli, Y., & Walid, A. (2023). Article Evaluation of the Use of Learning Technology on Science Learning Outcomes in Junior High School. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 8(1), 14. https://doi.org/10.24127/jlpp.v8i1.2633

Suyuti, S., Jamil, M., & Aditia, D. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2908

Trisnawati, T. S., Dewantoro, D., & Mazdiyana, M. (2022). Development of a website-based online learning mode as a means of increasing student independence in learning. 2(2), 61–68. https://doi.org/10.56327/jlcedu.v2i2.44

Unayah, U., Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2024). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Resiliensi Matematis dan Gender. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 17(2), 118-127.

Usman, O., Auliya, V., Susita, D., & Marsofiyati, M. (2022). TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Influence on Teacher Self Efficacy, and Perceived Usefulness, Ease of Use and Intention to Use E-Learning Technology. Journal of Southeast Asian Research, 1–11. https://doi.org/10.5171/2022.895111

Yanuarto, W. N., Maat, S. M., & Husnin, H. (2021). TPACK in mathematics teacher education: Are teachers ready to teach for ICT literacy? 1778(1), 12012. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1778/1/012012




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/wjirpm.v6i1.31848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika