IDENTIFIKASI JENIS KESALAHAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATERI MATRIKS DAN STRATEGI SCAFFOLDING YANG EFEKTIF

Selawati Selawati, Syamsuri Syamsuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah materi matriks menggunakan Newman’s Error Analysis (NEA), serta merancang strategi scaffolding yang efektif untuk mengatasi kesalahan tersebut. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif jenis studi kasus di SMAN 11 Kabupaten Tangerang pada siswa kelas XI Sains 2. Subjek dipilih berdasarkan kesalahan yang dilakukan menurut lima kategori kesalahan NEA, yaitu kesalahan membaca, pemahaman, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan triangulasi data untuk memastikan keabsahan. Hasil menunjukkan bahwa kesalahan terbanyak adalah kesalahan transformasi, disusul oleh kesalahan penulisan jawaban, keterampilan proses, dan pemahaman. Strategi scaffolding yang diterapkan meliputi reviewing, explaining, restructuring, dan developing conceptual thinking. Strategi ini terbukti membantu subjek dalam memahami soal, menyusun model matematis, memperbaiki prosedur penyelesaian, dan menyesuaikan jawaban akhir. Penelitian ini menegaskan pentingnya diagnosis kesalahan berbasis NEA dan pemberian scaffolding yang sistematis dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam menyelesaikan masalah matriks.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aritonang, T. D., Fatah, A., & Syamsuri. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Dimensi Tiga Tipe Open Ended Berdasarkan Teori Newman. WILANGAN: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 141–151.

Budi, B. S., & Nusantara, T. (2020). Analisis Kesalahan Newman Siswa dalam Menyelesaikan Soal Nilai Mutlak dan Scaffolding-nya. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2), 69–78.

Chovilla, C., Sary, R. M., & Mudzanatun, M. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD. Prosiding Seminas Nasional PGSD, 4(1), 1–13. https://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/4355

Dewi, K. I. P., Ariawan, I. P. W., & Gita, I. N. (2019). Analisis Kesalahan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tabanan. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 10(2), 43. https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i2.19917

Fitriatien, S. R. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. JIPMat, 4(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3550

Gozali, I., Syamsuri, S., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Disposisi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(02), 102–110. https://doi.org/10.22437/edumatica.v12i02.15772

Gunawan, M. S., & Fitra, D. (2021). Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal-soal Eksponen dan Logaritma. Mosharafa: Jurnla Pendidikan Matematika, 10(2), 257–268. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Halim, F. A., & Rasidah, N. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 35. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i1.1406

Hermanto, B. D., & Susilawati, S. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matriks. AB-JME: Al-Bahjah Journal of Mathematics Education, 1(1), 22–32. https://doi.org/10.61553/abjme.v1i1.15

Khairani, B. P., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMA Pada Materi Matriks. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 505–514. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.981

Palandeng, B. M., Tumalun, N. K., & Wenas, J. R. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Matriks Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Education and Development, 11(3), 128–133. https://doi.org/10.37081/ed.v11i3.5013

Pamungkas, C. M., Susanto, H. P., & Meifani, N. I. (2020). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matriks pada Siswa Kelas X SMA. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 49–52.

Purwasih, S. M., & Rahmadhani, E. (2022). Penerapan Scaffolding Sebagai Solusi Meminimalisir Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(2), 91. https://doi.org/10.24853/fbc.7.2.91-98

Rahma, A. F., & Khabibah, S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Soal Eksponen. MATHEdunesa, 11(2), 446–457. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p446-457

Restianasari, Yuhana, Y., & Syamsuri. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMPN 1 Ciomas pada Materi Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 17, 63–69.

Sholihah, M. (2024). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear berdasarkan berdasarkan Tahapan Newman dan Scaffolding-Nya Mar’atus. Indonesian Research Journal Education, 4(4), 1509–1517.

Siregar, R., Suwanto, S., & Siagian, M. D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matriks. Jurnal Mathematic Paedagogic, 6(1), 31–38. https://doi.org/10.36294/jmp.v6i1.2325

Sulistiowati, D. L. (2022). Faktor Penyebab Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Materi Bangun Datar. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(5), 941–951.

Upu, A., Taneo, P. N. L., & Daniel, F. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Newman dan Upaya Pemberian Scaffolding. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(01), 52–62. https://doi.org/10.22437/edumatica.v12i01.16593

Wahyuningsih, D. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Operasi Matriks Di SMA Yabt Manokwari. Jurnal Perspektif Pendidikan, 14(2), 67–77. https://doi.org/10.31540/jpp.v14i2.1027




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/wjirpm.v6i2.32627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika