IDENTIFIKASI JENIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATERI ALJABAR DAN STRATEGI SCAFFOLDING YANG SESUAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi aljabar menggunakan Newman Error Analysis dan mengetahui strategi scaffolding yang sesuai untuk diberikan dalam menyelesaikan masalah tersebut. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Kota Tangerang yang dipilih dengan kriteria bahwa siswa telah mengikuti pembelajaran materi aljabar, mengikuti tes tertulis materi aljabar, dan menunjukkan variasi kesalahan dalam tes tertulis aljabar. Metode perbandingan tetap digunakan untuk menjelaskan setiap jenis kesalahan berdasarkan indikator Newman dengan wawancara dua subjek pada setiap jenis kesalahan. Instrumen yang digunakan berupa soal tes pemecahan masalah materi aljabar dan wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa: (1) Transformasi dan Keterampilan Proses, (2) Pemahaman, (3) Penulisan Jawaban Akhir, dan (4) Membaca. Strategi scaffolding yang diberikan ketika wawancara berupa reviewing, explaining, dan restructuring memberikan peningkatan untuk mengurangi kesalahan siswa.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.62870/wjirpm.v6i2.32779
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika