IDENTIFIKASI JENIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATERI HIMPUNAN DAN STRATEGI SCAFFOLDING YANG SESUAI

Estevania Octaviana, Syamsuri Syamsuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi himpunan berdasarkan kriteria kesalahan Newman serta memberikan bantuan berupa scaffolding untuk mengatasi kesalahan tersebut. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Pramita yang dipilih berdasarkan kriteria meliputi siswa yang telah mengikuti pembelajaran materi himpunan, telah mengerjakan tes tertulis yang berkaitan dengan materi tersebut, serta menunjukkan variasi jenis kesalahan dalam penyelesaian soal pada tes tertulis tersebut. Metode perbandingan tetap digunakan untuk menjelaskan setiap jenis kesalahan berdasar indikator Newman dengan wawancara dua subjek pada setiap jenis kesalahan. Instrumen yang digunakan berupa soal tes pemecahan masalah materi himpunan dan wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian yang telah dilakukan memperlihatkan bahwa kesalahan yang paling banyak terjadi adalah kesalahan penulisan jawaban akhir, diikuti oleh kesalahan proses penyelesaian, transformasi, dan memahami. Untuk mengatasi kesalahan tersebut, diberikan scaffolding dalam bentuk reviewing, restructuring, explaining, dan developing conceptual thinking. Setelah mendapatkan scaffolding, siswa menunjukkan peningkatan dalam menyelesaikan soal dengan tepat. Temuan ini menandakan bahwa pemberian scaffolding efektif dalam mengurangi kesalahan siswa dalam memecahka masalah pada materi himpunan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amelia, I., Syamsuri, S., & Novaliyosi, N. (2020). Identifikasi Proses Penyelesaian Soal Literasi Matematika Siswa Kelas IX Pada Konten Peluang dan Data. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 331–345. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.212

Anggraeni, R., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1072–1082. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.334

Anghileri, J. (2006). Scaffolding practices that enhance mathematics learning. Journal of Mathematics Teacher Education, 9(1), 33–52. https://doi.org/10.1007/s10857-006-9005-9

Aritonang, T. D., Fatah, A., & Syamsuri. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Dimensi Tiga Tipe Open Ended Berdasarkan Teori Newman. 5(2), 141–151.

Aulia, J., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan Bagi Siswa Kelas VII SMP. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(1), 484–500. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.280

Fauza, A., Sinaga, N. Y., & Mukasyaf, F. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Himpunan di Kelas VII-A SMP Swasta Imelda Medan. Semnastika Unimed, 129–135. https://proceedings.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/30.

Intan, N., & Masriyah, M. (2020). Pemberian Scaffolding Terhadap Miskonsepsi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi himpunan. MATHEdunesa, 9(1), 221–230. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n1.p221-230

Islamiyah, A., Prayitno, S., & Amrullah, A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Didaktik Matematika, 5, 66–76. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i1.10035

Jha, S. K. (2012). Mathematics Performance of Primary School Students in Assam (India): An Analysis Using Newman Procedure. International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences, 02(01), 17–21.

Kusmaryono, I., Gufron, A. M., & Rusdiantoro, A. (2020). Effectiveness of Scaffolding Strategies in Learning Against Decrease in Mathematics Anxiety Level. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 13–22. https://doi.org/10.25217/numerical.v4i1.770

Maluwu, M. A., Regar, V. E., & Monoarfa, J. F. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Prosedur Newman. Journal on Education, 6(4), 22150–22165. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6395

Muhibbudin. (2013). Penerapan Peta Konsep Sebagai Bentuk Asesmen Formatif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur dan Perkembangan Tumbuhan. Jurnal Biologi Edukasi, 5(2), 85–91.

Mustofa, H., Jazeri, M., Mu’awanah, E., Setyowati, E., & Wijayanto, A. (2021). Stratergi Pembelajaran Scaffolding dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa. Al Fatih, 1(1), 42–52. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF

Permatasari, A. cahyani, Sari, J. A., Winanda, T., Saputra, R. I., Silvi, Annisa, P., & Fitriani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 421–423. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.845

Poltak, H., & Widjaja, R. R. (2024). Pendekatan Metode Studi Kasus dalam Riset Kualitatif. Local Engineering, 2(1), 31–34. https://doi.org/https://doi.org/10.59810/lejlace.v2i1.89

Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771

Rian, Ellisi, W., & Bin Frans Resi, B. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Teorema Pythagoras Di Kelas Viii. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 6(2), 73–85. https://doi.org/10.38114/s8nvrf44

Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2018). Analysis problem solving in mathematical using theory Newman. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 671–681. https://doi.org/10.12973/ejmste/80630

Siswandi, E., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual ditinjau dari Perbedaan Gender (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII SMPN 20 Surakarta). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(7), 633–643.

Trianingsih, P., & Anisaul Khasanah, B. (2022). EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2), 137–146.

Utami, A. D. (2016). Tipe Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri Berdasar Newman’S Error Analysis (Nea). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 85. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.842

Yuniyanto, E., Syamsuri, S., Hendrayana, A., & Hadi Firdos Santosa, C. A. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas Virtual Di SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 145. https://doi.org/10.56704/jirpm.v3i2.13256

Zulfirman, R. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 147–153. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/wjirpm.v6i2.32800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika