Berpikir Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Luas Permukaan dan Volume Gabungan Bangun Ruang Berdasarkan Teori Dual Process
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi gabungan bangun ruang masih tergolong rendah. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah erat kaitannya dengan kemampuan bernalar dalam meghasilkan strategi untuk memecahkan masalah secara sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses berpikir siswa SMP dalam memecahkan masalah luas permukaan dan volume gabungan bangun ruang berdasarkan teori dual process. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatakn kualitatif dengan jenis studi kasus jamak, dengan pemilihan subjek berdasarkan indikasi aktifnya dual process dalam memecahkan masalah gabungan bangun ruang. Hasil penelitian ini ditemukan dua perbedaan dual process dalam pemecahan masalah, yaitu a.) Sistem 2 sebagai evaluator hasil dari sistem 1, subjek secara aktif mengevaluasi jawaban dari masalah yang diberikan, sehingga dapat meminimalkan kesalahan. b.) Tanpa pelibatan sistem 2 sebagai evaluator dari hasil sistem 1, subjek dalam memecahkan masalah tanpa adanya upaya untuk mengevaluasi kembali terhadap jawabannya, menyebabkan peningkatan kemungkinan jawaban yang salah. Aktifnya sistem 2 dalam proses pemecahan masalah sangatlah penting, ini karena sistem 2 berperan sebagai evaluator dari hasil aktifnya sistem 1, sehingga dapat meminimalkan kerugian.
Kata kunci: pemecahan masalah, luas permukaan, volume, teori dual process, gabungan bangun ruang.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ackerman, R., & Thompson, V. A. (2017). Meta-reasoning: Shedding metacognitive light on reasoning research. In International handbook of thinking and reasoning (pp. 1-15). Routledge.
Ahyansyah, A., Sa’dijah, C., & Qohar, A. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah operasi hitung pecahan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(12), 1827-1838.
Babai, R., Shalev, E., & Stavy, R. (2015). A warning intervention improves students’ ability to overcome intuitive interference. ZDM, 47(5), 735–745.
Candrama, M. M. T., Darmawan, P., & Basri, H. (2023). Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah AKM Numerasi Bangun Ruang Sisi Lengkung Berdasarkan Teori Dual-Process. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 7(1), 1-25.
Chasanah, A. N., As’ari, A. R., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 9(2), 107-115.
Darmawan, P., & Yusuf, F. I. (2022). Teori Kognitivisme dan Penerapannya dalam Penelitian Pendidikan Matematika. Insan Cendekia Nusantara.
Darmawan, P., Purwanto, Nengah Parta, I., & Susiswo. (2021). Teacher interventions to induce students’ awareness in controlling their intuition. Bolema - Mathematics Education Bulletin, 35(70), 745–765.
Darmawan, P., Purwanto, P., Parta, I. N., & Susiswo, S. (2020). Interaksi Dual Proses dalam Menyelesaikan Masalah Segibanyak Siswa Sekolah Dasar. Universitas Negeri Malang.
Darmawan, P., Purwanto, Parta, I. N., & Susiswo. (2020). The Levels of Students’ Feeling of Rightness (FOR) in Solving Polygon Perimeter Problems. International Journal of Instruction, 13(2), 549–566.
Hajar, S. S., Sofyan, S., & Amalia, R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 32-36.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2019). Qualitative Data Analysis: A Method
Sourcebook. Sage Publication.
OECD, (2023), Hasil PISA 2022 (Volume I): Keadaan Pembelajaran dan Kesetaraan dalam Pendidikan , PISA, Penerbitan OECD, Paris.
Siregar, N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa PGMI pada Materi Volume Bangun Ruang. Jurnal Derivat, 9(2), 113-122.
Susiswo, Darmawan, P., Murtafiah, W., & Osman, S. (2023). Exploring default-interventionist interaction of thinking activity types on probability problem-solving. Journal on Mathematics Education, 15(1), 295–316.
Wahyuni, Z., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis kemampuan penalaran matematika siswa kelas X pada materi dimensi tiga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(1), 81-92.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/wjirpm.v6i2.33211
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika