Analisis Kurangnya Kemampuan Literasi Matematika Siswa Terhadap Efektivitas Pembelajaran Matematika Serta Strategi Penanganannya

Lutfiyatul Basyariah Arafah, Aisyah Rose Faidina, Echa Purwati, Eka Rachma Kurniasih

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat lebih dalam hubungan rendahnya literasi matematis dengan efektivitas pembelajaran matematika serta mengkaji strategi penanganan yang dapat dimanfaatkan guru saat mengajar. Penelitian dilakukan di MAN 2 Kota Bekasi kelas XD dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui metode studi literatur dan observasi lapangan. Temuan dalam studi ini mengungkap bahwa rendahnya literasi matematika siswa berdampak negatif terhadap keterlibatan, pemahaman konsep, dan hasil belajar. Siswa cenderung kesulitan dalam memahami soal kontekstual dan menggunakan pelajaran matematika untuk hal-hal di kehidupan nyata. Di sisi lain, strategi guru seperti pemberian reward, penggunaan pertanyaan terbuka, dan monitoring kelas dinilai sudah tepat, namun perlu diperkuat dengan asesmen diagnostik danpendekatan pembelajaran kontekstual. Kajian literatur mendukung penerapan strategi seperti Problem-Based Learning dan Contextual Teaching untuk meningkatkan literasi siswa. Dengan pendekatan yang tepat dan konsisten, efektivitas pembelajaran matematika dapat ditingkatkan secara signifikan.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andriyani, F., & Wahyuni, S. (2023). Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan literasi matematika siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 85–92.

Astutik, N., & Rosyidi, M. (2020). Pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar matematika siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 65–72.

Bakhrudin All Habsy. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Laksana Ilmu.

Fitriana, R., & Jannah, M. (2021). Implementasi Problem Based Learning dalam meningkatkan literasi matematika siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(3), 188–196.

Genc, M., Erbas, A. K., Mathematics, C., & Conceptions, P. (2019). Mathematical literacy and students’ conceptions of mathematics. International Journal of STEM Education, 6(1), 25–34.

Oktavianingtyas, H., Pribadi, I., Lestari, S., Kurniati, R., & Monalisa, D. (2023). Analisis kesulitan siswa dalam literasi matematika berdasarkan hasil PISA. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 8(1), 45–55.

Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). (2023).PISA 2022 results: Country note - Indonesia (https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-results-country-note.pdf) diakses 25 Juni 2025.

Pratiwi, A. D. (2020). Visualisasi sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 12–18.

Rohman, R., & Astuti, W. (2021). Pengaruh manajemen kelas terhadap efektivitas pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 6(2), 101–110.

Suharna, & Abdullah, H. (2022). Hakikat matematika dan pengembangannya dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 5(1), 1–10.

Syahrir, M., Arifin, Z., & Hasan, M. (2021). Komunikasi matematis dalam pembelajaran: Tantangan dan strategi guru. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 7(1), 33–41.

Wulandari, S., & Kurniawan, A. (2021). Literasi matematika dan pengaruhnya terhadap keterlibatan belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Nusantara, 9(3), 208–215.

Ahmad, Y. M., & Mawarni, I. (2021). Kreativitas belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam: Pengaruh lingkungan sekolah dalam pengajaran. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 222–243.

Kusmaryono, I., & Kusumaningsih, W. (2023). Evaluating the results of PISA assessment: Are there gaps between the teaching of mathematical literacy at schools and in PISA assessment? European Journal of Educational Research, 12(3), 1479–1493.

Hennessey, B. A. (2015). Reward, task motivation, creativity, and teaching: Towards a cross‑cultural examination. International Journal of Educational Research, 1–18.

Reynolds, D. (2017). Interactional scaffolding for reading comprehension: A systematic review. Educational Psychology Review, 29(3), 317–340.

Yulianti, S., Prasetya, A., & Hendrawan, Y. (2022). Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika. Jurnal Cendekia Matematika, 7(2), 135–145.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/wjirpm.v6i2.34484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika