PENGARUH SELF-EFFICACY DAN KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP

Siti Umaroh, Yuyu Yuhana, Aan Hendrayana

Sari


Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Cikande pada tahun ajaran 2019/2020, yang bertujuan untuk melihat pengaruh self-efficacy dan kecemasan matematika terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelitian yaitu penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Penelitian ini melibatkan lima kelas yang terdiri dari 158 siswa sebagai sampel penelitian. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 1 Cikande sebanyak 291 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes kemampuan penalaran matematis, instrumen non tes berupa skala self-efficacy dan skala kecemasan matematika. Hasil penelitian menggunakan uji regresi linear sederhana memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara self-efficacy terhadap kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 8,11%, serta tidak terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan antara kecemasan matematika terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Sedangkan hasil penelitian menggunakan uji regresi linear berganda memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara self-efficacy dan kecemasan matematika secara bersama-sama terhadap kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 9,74%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alimuddin. (2014). Penilaian dalam Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Andini, Y. T., & Wulandari, A. P. J. (2013). Hubungan antara Self-efficacy dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa dalam Menghadapi Skripsi di Jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara Jakarta. Tesis Universitas Bina Nusantara Jakarta.

Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Infinity, 3(1), 125–132.

Disai, W. I., Dariyo, A., & Basaria, D. (2017). Hubungan antara Kecemasan Matematika dan Self-Efficacy dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA X Kota Palangka Raya. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(2), 556–568.

Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika, 3(1), 47–54.

Gazali, M. (2017). Pengaruh Efikasi Diri dan Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Dan Penilaian Pendidikan, 2(2), 274–289.

Hamdi, S., & Abadi, A. M. (2014). Pengaruh Motivasi, Self-Efficacy dan Latar Belakang Pendidikan terhadap Prestasi Matematika Mahasiswa PGSD STKIP-H dan PGMI IAIH. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 55(2), 77–87.

Handayani, F., & Nurwidawati, D. (2013). Hubungan Self-efficacy dengan Prestasi Belajar Siswa Akselerasi. Character, 01(02), 1–5.

Hasan, I. (2009). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Irfan, M. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah berdasarkan Kecemasan Belajar Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 143–149.

Mujulifah, F., Sugiatno, & Hamdani. (2015). Literasi Matematis Siswa dalam Menyederhanakan Ekspresi Aljabar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(1), 1–12.

Munasiah. (2015). Pengaruh Kecemasan Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa terhadap Kemampuan Penalaran Matematika. Jurnal Formatif, 5(3), 220–232.

Rozali, Y. A. (2015). Hubungan Efikasi Diri Akademik dan Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Akademik pada Mahasiswa UEU Jakarta. Psikologi, 13(1), 65–69.

Sanhadi, K. C. D. (2015). Pengaruh Kemampuan Penalaran dan Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Saputra, P. R. (2014). Kecemasan Matematika dan Cara Menguranginya (Mathematic Anxiety and How to Reduce it). Pythagoras, 3(2), 75–84.

Saputri, I., Susanti, E., & Aisyah, N. (2017). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking pada Materi Perbandingan Kelas VIII di SMPN 1 INDRALAYA UTARA. Jurnal Elemen, 3(1), 15–24.

Sumarmo, U. (2012). Pendidikan Karakter serta Pengembangan Berpikir dan Disposisi Metematik dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika. Nusa Tenggara Timur.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

WILANGAN : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika