Pengaruh Penerapan Brain-Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa

Redita Ismi Utami, Anwar Mutaqin, Etika Khaerunnisa

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan brain-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk soal uraian yang dibuat berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 187 Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 187 Jakarta. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh sampelnya yaitu seluruh siswa kelas VIII-A yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-D yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan brain-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa yakni penerapan brain-based learning dalam pembelajaran matematika mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

 

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, I. H. (2013). Berpikir Kritis Matematik. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 66–75. Retrieved from http://www.ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/100

Abdurrahman, G., & Sintawati, M. (2013). Strategi Brain-Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Seminar Nasional Matematika Dan Aplikasinya.

Aulia, R., & Mukhni. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Padang. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 7(4), 127–133.

Jensen, E. (2011). Pemelajaran Berbasis-Otak: Paradigma Pengajaran Baru (2nd ed.). Jakarta: PT Indeks.

Kuswidi, I. (2015). Brain-Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 195–202.

Liberna, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(23), 190–197.

Nahdi, D. S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Brain Based Learning. Jurnal Cakrawala Pendas, I(1), 13–22.

Rosita, I., & Nur, D. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Brain Based Learning. Jurnal Pendidikan Unsika, 4(1), 26–41.

Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan (2nd ed.). Jakarta: Kencana.

Sari, M., Susiswo, & Nusantara, T. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii-D Smp Negeri 1 Gambut. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), (November), 232–236.

Setiawan, W. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Dengan Menggunakan Model Penemuan Terbimbing. P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 91. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p91-97.168

Sugiyono. (2012). Penelitian Kuantitafif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016, 605–612.

Syah, M. (2009). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

WILANGAN : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika