PENGARUH PEMBELAJARAN EXPERIENCE, LANGUAGE, PICTURE, SYMBOLS, APPLICATION (ELPSA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP

Febriyanti Putri, Yani Setiani, Aan Subhan Pamungkas

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran ELPSA terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan disposisi matematis di SMPN 1 Ciruas. Penelitian ini merupakan suatu eksperimen dengan The Nonequivalent Pre-test Post-test Control Group Desaign. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah dan tes disposisi matematis. Data posttest kemampuan pemecahan masalah dianalisis dengan uji perbedaan dua arah menggunakan uji t-test diperoleh thitung = 2,23 Sementara taraf siginifikan 0,05 dimana dk = n1+n2-2 = 61, maka diperoleh nilai ttabel yaitu 2,00 selain itu nilai t tabel lainnya adalah -2,00. Karena nilai thitung tidak berada diantara dua nilai ttabel maka H0 ditolak. Berarti pencapaian akhir kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pembelajaran ELPSA lebih baik dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran PBL. Sedangkan Data skala akhir disposisi matematis dianalisis dengan uji perbedaan dua arah menggunakan uji t-test diperoleh thitung = -2,61 Sementara taraf siginifikan 0,05 dimana dk = n1+n2-2 = 61, maka diperoleh nilai ttabel yaitu 2,00 selain itu nilai t tabel lainnya adalah -2,00. Karena nilai thitung tidak berada diantara dua nilai ttabel maka H0 ditolak. Berarti pencapaian akhir disposisi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran ELPSA lebih baik dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran PBL.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


August. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Problem Centered Learning (PCI) dengan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi Untirta.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Lusiana. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Generatif (MPG) Untuk Pelajaran Matematika Di Kelas X SMA Negeri Palmbang. Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya Palembang.

PERMENDIKNAS No. 22. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang tujuan pembelajaran matematika (2006).

Puspita, D. (2013). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Generatif Di SMP Pramula Palembang. Skripsi Universitas PGRI Palembang.

Syaban, M. (2008). Menumbuhkan Daya dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas melalui Pembelajaran Investigasi. Jurnal EDUCATIONIST, Vol 3 No 2.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

WILANGAN : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika