Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampua Literasi Matematis Dan Self-Efficacy Siswa SMP

Dwi Wiguna, Ihsanudin Ihsanudin, Etika Khaerunnisa

Sari


Literasi matematis adalah salah satu tujuan pembelajaran matematika. Namun menurut survey PISA, kemampuan literasi matematis siswa Indonesia masih berada diposisi ke-69 dari 76 negera. Selain literasi matematis, dalam tujuan pembelajaran matematika juga menekankan pada aspek psikologi, yaitu self-efficacy. Untuk meningkatakan kemampuan literasi matematis dan self-efficacy dibutuhkan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu, model pembelajaran Reciprocal Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah pencapaian dan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang mengguankan model reciprocal teaching lebih baik daripada menggunakan pembelejaran discovery learning; 2) apakah pencapaian dan peningkatan self-efficacy siswa yang mengguankan model reciprocal teaching lebih baik daripada menggunakan pembelejaran discovery learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Serang tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan model Nonequivalent Pre-test Post-test Control Group Design. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika deskriptif dan inferensial. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) pencapaian dan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang mengguankan model reciprocal teaching lebih baik daripada menggunakan pembelejaran discovery learning;2) pencapaian dan peningkatan self-efficacy siswa yang mengguankan model reciprocal teaching lebih baik daripada menggunakan pembelejaran discovery learning.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Awaliah, R., & Indris, R. (2015). Pengaruh penggunaan model reciprocal teaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii mtsn balang-balang kecamatan bontomarannu kabupaten gowa. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(1), 59–72.

Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Journal Unnes, 1, 170–176.

Edo, S. I., Hartono, Y., & Putri, R. I. I. (2013). Investigating Secondary School Students’ Difficulties in Modeling Problems PISA-Model Level 5 And 6. IndoMS, 4(1), 41–58.

Handayani, F., & Nurwidawati, D. (2013). HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA AKSELERASI. Journal Unnes, 1(2).

Hasanah, S., Rochmad, & Hidayah. (2012). PEMBELAJARAN MODEL RECIPROCAL TEACHING BERNUANSA PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIASI MATEMATIS. Journal Unnes, 1(2).

Hasanah, U., Rachmani, N., & Rosyida, I. (2019). Self-Efficacy Siswa SMP Pada Pembelajaran Model Learning Cycle 7E ( Elicit , Engange , Explore , Explain , Elaborate , Evaluate , and Extend ). Journal Unnes, 2(2019), 551–555.

Hera, R., & Sari, N. (2015). Literasi Matematika : Apa , Mengapa dan Bagaimana ? Journal UNY, 102, 713–720.

Indah, N., Mania, S., & Nursalam. (2016). Peningkatan kemampuan literasi matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning di kelas vii smp negeri 5 pallangga kabupaten gowa. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n2a4

Nerru, P. M., Mariani, S., & Cahyono, E. (2013). PEMBELAJARAN METODE RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN CABRI UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS X. Journal Unnes, 2(1).

OECD. (2012). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework PISA 2012 Assessment and Analytical Framework.

Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 163–177.

Subaidi, A. (2016). Self-efficacy siswa dalam pemecahan masalah matematika. ∑IGMA, 1(2), 64–68.

Wiratmaja, Sadia, & Suastra. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP SELF-EFFICACY DAN EMOTIONAL INTELLIGENCE. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1).

Zulaihah, N., Witurachmi, S., & Ivada, E. (2014). PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING MODEL DENGAN STRATEGI MOTIVASI ARCS MAMPU MENINGKATKAN HASIL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK. Jupe UNS, 3(1), 34–44.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

WILANGAN : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika