PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR

Silvia Ningsih, Ihsanudin Ihsanudin, Isna Rafianti

Sari


Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui pencapaian akhir kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran reciprocal teaching lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model discovery learning,(2) mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran reciprocal teaching lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model discovery learning,(3) mengetahui pencapaian akhir kemandirian belajar siswa dengan model pembelajaran reciprocal teaching lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model discovery learning, (4) mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa dengan model pembelajaran reciprocal teaching lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model discovery learning. Metode penelitian kuasi eksperimen Non equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Serang. Sampel menggunakan teknik purposive sampling, dikelas VIII G (kelas eksperimen) dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan kelas VIII F (kelas kontrol) dengan model pembelajaran discovery learning. Instrumen penelitian yaitu instrumen tes kemampuan komunikasi matematis dan non tes skala kemandirian belajar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Qohar, U. S. (2013). Improving Mathematical Communication Ability and Self Regulation Learning Of Yunior High Students by Using Reciprocal Teaching. 4(1), 59–74.

Afiani, N. (2016). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2(1), 1–13.

Devi Putri Permatasari, Pentatito Gunowibowo, M. C. (2017). Pengaruh Model Reciprocal Teaching. Jakarta : Universitas Muhammadiyah Jakarta

National Council Of Teachers Of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. School Science and Mathematics. https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.2001.tb17957.x

PISA 2012. (2013). Pisa 2015 Draft Reading Literacy Framework March 2013. Oecd.

Pujiastuti, H. (2014). Pembelajaran Inquiry Co-operation Model untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah, Komunikasi, dan Self Esteem Matematis Siswa SMP. Disertasi Program Pasca Sarjana Pendidikan Matematika. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

S.Hasanah , Rochmad, I. H. (2012). Pembelajaran Model Reciprocal Teaching Bernuansa Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Komuniasi Matematis. Unnes Journal of Research Mathematics Education, 1(2), 135.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Sumarmo, U. (2010). Kemandirian Belajar : Apa, Mengapa, dan Bagaimana dikembangkan pada Peserta Didik. FMIPA UPI.

Tirtarahardja, U & Sulo, S. La. (2008). Pengantar Pendidikan. Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v1i1.8209

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika