ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KARAKTER SISWA SMP DENGAN E-LEARNING

Aulia Juniati, Hepsi Nindiasari, Etika Khaerunnisa

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan pemahaman konsep siswa dalam memahami materi matematika yaitu bangun ruang sisi datar dan melihat karakter siswa ketika menggunakan pembelajaran e-learning. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar, mengetahui karakter siswa dalam pembelajaran e-learning dan mengetahui respon siswa dalam pembelajaran e-learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini siswa kelas VIII-B SMP Negeri 5 Cilegon sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis, wawancara, angket respon dan karakter, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa secara keseluruhan adalah sebesar 75.81% termasuk ke dalam kategori baik. Siswa yang termasuk ke dalam kategori sangat tinggi adalah 6,45%, kategori tinggi adalah 77.42%, dan kategori sedang adalah 16.13%. Guru mempunyai cara tersendiri dalam mengembangkan nilai karakter pada siswa khususnya dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan data yang diperoleh, dalam menerapkan pembelajaran e-learning nilai karakter siswa termasuk ke dalam kategori baik, dengan persentase nilai religius 33.06%, nasionalisme 31.45%, kemandirian 34.68% dan gotong royong 44.35%, serta integritas 36.29%. Respon siswa dalam pembelajaran e-learning termasuk ke dalam kategori baik.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v1i2.8332

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika