PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KECEMASAN MATEMATIKA (ANXIETY) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Iman Rismanto, Aan Hendrayana, Yani Setiani

Sari


Tujuan dari penelitian ini untuk menyelidiki apakah terdapat penurunan kecemasan matematika pada siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning. kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Non-equivalent pretest and posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa VIII SMP Negeri 1 Cibaliung tahun ajaran  2019/2020. Pengambilan  sampel menggunakan kuasi eksperimen dengan mengambil dua kelas secara acak.  Satu kelas sebagai kelas eksperimen yang mendapat model pembelajaran problem based  learning dan tau kelas sebagai kelas kontrol yang mendapat pembelajaran dengan model konvesional. Instrumen yang di gunakan yaitu intrumen non tes. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: terdapat penurunan kecemasan matematika pada siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model problem based learning.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ades, Sanjaya. (2011). Model-model Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Arem, C.A. (2010). Stres, Cemas, dan Depresi. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Arifin, Zaenal., (2010), Metodelogi Penelitian Pendidikan Filosofi, Teori dan aplikasinya. Surabaya: Lentera Cendikia, cet ke-5.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Cooke, A. (2011). Situational effects of mathematics anxiety in pre-service teacher education. Joint AARE Annual Conference, Hobart. [Online]. Diakses dari: http://www.aare.edu.au/publications-database.php

Creswell, J.W. (2013). Research Design (Pendekatan Kuanlitatif, Kuantitatif dan Mixed) Edisi Revisi. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Hake, R.R. 1998. Interactive engagement v.s traditional methods: six- thousand student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics. Vol. 66. No.1.

Meltzer,David E .2002.The Relationship Between Mathematics PreparationAnd conceptual learning gain in physics:A possible inhidden Variablei in Diagnostic pretest scores.Ames:Department of physics and Astronomy,Lowa State University.

Nolting, P. D. (2012). Math Study Skills Workbook (4th ed). Belmont: Cengange Learning.

Nursalam. (2013). Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis: Jakarta: Salemba Medika.

Ormrod, Jeanne Ellis. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Edisi Keenam Jilid 2. Jakarta:Erlangga

Peker, M. (2009). Pre-Service Teachers’ Teaching Anxiety about Mathematics and Their Learning Styles. Eurasia Journal of Mathematics, Science, & Technology Eductaion. 5 (4), 335-345.

Pradeep,R. (2011). A Study of Mathematics Anxiety Amongst Primary Pre-service Teachers enrolled in a Dutch Teacher Training Program. Tesis. Universiteit Van Amsterdam.

Rusman.(2013). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Satriyani. (2016). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) dan Gender Terhadap Kemampuan Pemecah Masalah Matematis Siswa. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta:Tidak diterbitkan.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyudin. (2010). Monograf: Kecemasan Matematika. Bandung: Program Studi Pendidikan Matematika SPS UPI.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

WILANGAN : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika