ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DARING

Reka Ikraami Kurniawan, Hepsi Nindiasari, Yani Setiani

Sari


Wabah corona yang menyebar di seluruh dunia pada awal tahun 2020 memberikan dampak dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta beberapa pejabat daerah mengeluarkan kebijakan berupa merubah pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dari yang konvensional menjadi daring (online) agar peserta didik tetap dapat belajar meskipun tidak di sekolah. Meskipun pembelajaran matematika dilakukan secara daring, tetap harus memperhatikan tujuan pembelajaran matematika salah satunya kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siwa dengan pembelajaran daring. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 7 Kota Tangerang yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah dari 32 siswa terdapat 7 siswa termasuk kategori tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi, sebanyak 20 siswa termasuk kategori tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis sedang, dan 5 siswa dengan kategori tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis rendah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78

Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 92–100. Retrieved from http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/383/362

Misu, L. (2014). Mathematical Problem Solving of Student by Approach Behavior Learning Theory. International Journal of Education and Research, 2(10), 181–188.

Pujiastuti, H. (2014). Pembelajaran Inquiry Co-operation Model untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan masalah Masalah, Komunikasi, dan Self-Esteem Matematis Siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia.

Salamah, F. (2014). Penerapan strategi pembelajaran INQUIRY UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN LOGARITMA. Jurnal Autentik, Vol.1, No.1, Januari 2017: 30-40, 1(1), 30–40. Retrieved from https://www.academia.edu/33417375/._Penerapan_Strategi_Pembelajaran_Komunikatif?auto=download

Sari, R., & Wijaya, A. (2017). Mathematical literacy of senior high school students in Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 100-107. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v4i1. 10649

Thi Thanh Hong, N., Thuy Giang, T., Nam Phuong, N., & Quoc Khanh, M. (2018). The Status of Applying E-learning in Holding Students’ Self-Study of the Subject Education in Pedagogical Universities in Vietnam. American Journal of Educational Research, 6(6), 804–810. https://doi.org/10.12691/education-6-6-32

Ulya, H., Kartono, & Retnoningsih, A. (2014). Analysis of Mathematics Problem Solving Ability of Junior High School Students Viewed From Students’ Cognitive Style. International Conference on Mathematics, Science, and Education 2014 (ICMSE 2014) M, 2(10), 577–582. Retrieved from http://jurnal.unpad.ac.id/index.php/MS/article/download/535/521

White, A. L. (2005). Active mathematics in classrooms:finding out why children make mistake and then doing something to help them. Square one, 15,15-19.

Yeliz, Y. (2015). Sixth graders and non-routine problems: Which strategies are decisive for success? Educational Research and Reviews, 10(13), 1807–1816. https://doi.org/10.5897/err2015.2230


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

WILANGAN : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika