Analisis Kesalahan Siswa pada Soal Kemampuan Berpikir Kritis Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas 8 SMP

Rosmaya Siskandani, Novaliyosi Novaliyosi, Isna Rafianti

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk jenis penelitian apa yang dilakukan siswa saat menyelesaikan soal-soal kritis pada materi Bangun Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah 20 siswa kelas 8 SMP Negeri 7 Kota Serang. Berdasarkan hasil analisis data melalui tes dan wawancara, kesimpulan yang didapat ada 3 jenis kesalahan yang dilakukan siswa dengan kesalahan konseptual, prosedural dan kesalahan teknik. Kesalahan-kesalahan yang diminta oleh beberapa faktor yaitu pemahaman yang tidak akan soal yang diberikan, siswa hanya bisa menggunakan soal yang biasa yang tidak perlu siswa untuk berpikir kritis,

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, I. ., Mulyono, & Asikin, M. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Uraian Berdasarkan Taksonomi Solo. Unnes Journal of Mathematics Education., 5(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i2.11399

Clements, D. H., & Battista, M. T. (2001). Geometry and Proof. Retrieved from f.http://www/terc.edu/investigation/relevant/html/Geometry,html

King, F. J., Goodson, L., & Rohani, F. (1998). Higher Order Thinking Skills. Publication of the Educational Services Program, Now Known as the Center for Advancement of Learning and Assessment. Obtido de: Www.Cala.Fsu.Edu.

Masrurotullaly, Hobri, & Suharto. (2013). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah matematika Keuangan Berdasarkan Model Polya Siswa SMK Negeri 6 Jember. Prosiding: Kaadikna.

Natsir, N., Tandiayuk, M. B., & Karniman, T. S. (2016). Profil kesalahan konseptual dan Prosedural siswa dalam menyelesaikan soal cerita himpunan di kelas VII SMP 1 Siniu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(4), 440–453.

Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Santrock, J. W. (2011). Perkembangan anak edisi 7 jilid 2. Terjemahan: Sarah Genis B) Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.

https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Syahbana, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Jurnal Edumatica, 02(April), 45–57.

Uno, H. B. (2011). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

WILANGAN : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika