PENGARUH EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Fifi Anggraini, Novaliyosi Novaliyosi, Isna Rafianti

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tiga kecerdasan yang dimiliki siswa yaitu IQ, EQ, dan SQ, di mana penggabungan tiga kecerdasan tersebut adalah ESQ. Pentingnya memecahkan masalah matematika dan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran juga merupakan latar belakang dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh ESQ terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan motivasi belajar siswa SMPIT Al-Izzah Serang kelas VII. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan3 kelas sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil untuk hipotesis I adalah koefisien korelasi sebesar 0,983 dengan persamaan regresi Y1 = -88,712 + 1,798X. Untuk hipotesis II adalah koefisien korelasi sebesar 0,985 dengan persamaan regresi Y2 = -28,420 + 1,162X. Untuk hipotesis III yaitu koefisien korelasi sebesar 0,981 dengan persamaan regresi Y2 = 29,726 + 0,623Y1. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1) ada pengaruh positif dan signifikan ESQ terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, 2) ada pengaruh positif dan signifikan ESQ terhadap motivasi belajar siswa, dan 3) pengaruh positif dan signifikan dari kemampuan pemecahan masalah matematis terhadap motivasi belajar siswa.

 

Kata kunci: ESQ, motivasi belajar, pemecahan masalah matematis


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustian, A. G. (2001). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ Emotional Spiritual Quotient. Jakarta: Arga.

Andriani, et al. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Dan Kecerdasan Emosional Mahasiswa Fmipa Pendidikan Matematika Melalui Model Pembelajaran Improve [Online]. Tersedia: digilib.unimed.ac.id/1045/ [6 Januari 2017].

Astutik, L. S. (2008). Pengaruh ESQ Power terhadap Siswa Kelas XI Semester II di SMA Islam Al-Maarif Singosari [Online]. Tersedia: etheses.uin-malang.ac.id/4159 [31 Mei 2017]

Atfaliyah, N. (2012). Hubungan Emosional Quotient Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Taman Islam Bogor [Online].Tersedia: repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123 456789/251-39 [22 Oktober 2016].

Basuki, K.H. (2015). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika [Online]. Tersedia: journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/332 [14 Januari 2017]. Binasha, F. 2016. Zero Mind Process [Online]. Tersedia: http://anaminnur.blogspot.co.id/2013/01/zero-mind-process.html [6 November2016].

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru). Ciputat: Gaung Persada (GP) Press.

Pertiwi, R. (2012). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII-B MTS Al-Ma’arif Tulungagung Pada Materi Segiempat Tahun Ajaran 2011/2012 [Online]. Tersedia: repo.iain- tulungagung.ac.id/980/ [20 Februari 2017].

Sardiman. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja. Grafindo Persada.

Sukidi. (2004). Rahasia Sukses Hidup Bahagia: Kecerdasan Spiritual: Mengapa SQ Lebih Penting Daripada IQ dan EQ. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.

Sumarmo, U. (2006). Berpikir Matematik Tingkat Tinggi: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Siswa Sekolah Menengah dan Mahasiswa Calon Guru. Makalah disajikan pada Seminar Pendidikan Matematika di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Padjajaran Tanggal 22 April 2006: Tidak diterbitkan.

Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving [Online]. Tersedia: jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/arti cle/view/561/598 [20 Februari 2017].

Wahyuningsih, N. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar [Online]. Tersedia: http://repository.unpas.ac.id/13827/ [31 Mei 2017].




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v1i1.8549

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika