PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CABRI 3D PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP

Luqman Nur Hakim, Khairida Iskandar, Etika Khaerunnisa

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu bahan ajar pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP dengan bantuan software Cabri 3D. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dari Borg dan Gall yang sudah dimodifikasi oleh Sugiyono dan hanya dibatasi enam langkah penelitian dan pengembangan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk, dan uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk bahan ajar memperoleh pencapaian validitas oleh ahli media, ahli materi, dan ahli pendidikan matematika dengan persentase berturut-turut sebesar 77,78%, 86,11%, dan 89,28% sehingga pencapaian validitas termasuk dalam kategori valid. Sedangkan uji coba dilakukan kepada dua belas guru matematika di tiga sekolah yaitu SMPN 5 Kota Serang, SMPN 7 Kota Serang, dan SMPN 25 Kota Serang. Dari hasil uji coba produk, bahan ajar Cabri 3D mendapatkan persentase penilaian rata-rata sebesar 85,93%. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis Cabri 3D yang telah dikembangkan berada pada klasifikasi sangat baik berdasarkan penilaian guru matematika.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v1i3.9040

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika