Pengembangan Kelas Virtual Terhadap Peningkatan Kecakapan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Program Linear

Badrul Kamal, Aan Hendrayana, Ihsanudin Ihsanudin

Sari


Berdasarkan analisis kebutuhan, bahwa media pembelajaran dan bahan ajar yang selama ini digunakan pada proses pembelajaran hanya terbatas pada buku materi ajar dan lembar kerja siswa. Oleh karena itu, diperlukan adanya inovasi pembelajaran online yang bersifat luwes yang diharapkan mampu membantu proses pembelajaran siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mengetahui kelayakan kelas virtual sebagai media pembelajaran matematika pada materi program linear, dan (2) mengetahui peningkatan  kecakapan berpikir kreatif matematis siswa setelah menggunakan kelas virtual. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cileles. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil dari penelitian diketahui bahwa: (1) Berdasarkan hasil uji ahli media dan materi diperoleh bahwa kelas virtual yang dikembangkan memperoleh kriteria cukup layak, pada uji praktisi pendidikan memperoleh kriteria sangat praktis, serta uji coba terbatas memperoleh kriteria praktis, dan (2) peningkatan kecakapan berpikir kreatif matematis siswa setelah menggunakan kelas virtual ini memperoleh hasil yang signifikan berdasarkan hasil uji paired sample t-test.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amidi, & Zahid, M. Z. (2016). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-Learning. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016, 586–594

Arifah, N. & Asikin, M. 2018. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Setting Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Pendekatan Open-Ended (Sebuah Kajian Teoritik). Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan. Hlm 443.Susanto, H.P.(2016). Analisis Hubungan Kecemasan, Aktivitas, dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Beta, 9 (2), 134 – 137.

Cahyaningsih, R & Asikin, M. 2015. Komparasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Matematika Humanistik dan Problem Based Learning dalam Setting Model Pelatihan INNOMATTS. Jurnal Nalar Pendidikan, Vol 3(1) pp 24–29

Saraswat, S. (2014). Customization and implementation of LMS moodle. International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 4, Issue 5, May 2014, pp: 1-4.

Siswono, T. Y. E. 2006. Implementasi Teori tentang Tingkat Berpikir Kreatif dalam Matematika. Prosiding Seminar Konferensi Nasional Matematika XIII dan Konggres Himpunan Matematika Indonesia Universitas Negeri Semarang. Semarang

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thomas, T. (2017). Teaching Is An Art: Maximize Your Teaching. Deepublish

Wahyuaji, Nur Rahmat, & Suparman. (2018). Deskripsi Kebutuhan Media Pembelajaran E-Learning Berpendekatan STEM Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA Kelas XI. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan

Wahyuaji, N. R., & Taram, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis E-Learning Menggunakan Learning Management System (LMS) MOODLE pada Materi Program Linear untuk Siswa SMA Kelas XI. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 6(May), 189–194. http://seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/407

Widoyoko, S. E. P. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

WILANGAN : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika