Efektivitas Pendekatan Kontekstual Berbasis Karakter dan Budaya Lokal Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP

Ayu Wahyuningtyas, Hepsi Nindiasari, Abdul Fatah

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematis siswa terutama dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang erat kaitannya dengan budaya lokal. Oleh sebab itu diperlukan suatu inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa, salah satunya adalah dengan pendekatan kontekstual berbasis karakter dan budaya lokal dengan LKPD, yang memuat soal-soal latihan literasi matematis yang berbasis budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan kontekstual berbasis karakter dan budaya lokal dengan LKPD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperiment dengan bentuk Nonequivalent Pretest and Posttest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B di SMP Negeri 1 Kragilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan literasi matematis siswa yang mendapatkan pendekatan kontekstual berbasis karakter dan budaya lokal dengan LKPD lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori, (2) peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang mendapatkan pendekatan kontekstual berbasis karakter dan budaya lokal dengan LKPD lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori, dan (3) siswa memberikan respon yang positif terhadap pelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual berbasis karakter dan budaya lokal dengan LKPD.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

WILANGAN : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika