Efektivitas Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Berbasis Karakter dan Budaya Lokal

Natalia Pranata, Hepsi Nindiasari, Abdul Fatah

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi atas rendahnya kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan kontekstual berbasis karakter dan budaya lokal dengan didampingi LKPD. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan quasi experimental design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 13 Kota Serang dengan sampel kelas VII A (kelas eksperimen) dan VII B (kelas kontrol) menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instumen tes kemampuan literasi matematis siswa. Data yang diperoleh meliputi data pretest, posttest, dan n-gain kemampuan literasi. Analisis data yang dilakukan yakni statistika deskriptif dan statistika inferensial. Peningkatan kemampuan literasi matematis terdapat pada indikator kemampuan literasi yaitu siswa mampu menganalisis situasi matematis dengan membuat pola sederhana, menarik kesimpulan dari pola yang telah dibuat, membuat argumen matematis yang logis dan dapat di pertanggungjawabkan, melakukan operasi hitung dengan model, dan menyajikan ide-ide matematika ke dalam bentuk gambar. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan kontekstual (CTL) berbasis karakter dan budaya lokal dengan bantuan LKPD  lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori dan respon positif yang diberikan siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v1i3.9152

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika