PEMBERDAYAAN USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA DALAM PENGELOLAAN LIMBAH PLASTIK

Khomsun Nurhalim

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian mendeskripsikan pemberdayaan usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS) dalam pengelolaan limbah plastik di kampung Margosari kota Salatiga. Mendeskripsikan proses pemasaran hasil dari limbah plastik yang telah diolah di kampung Margosari kota Salatiga. Mendeskripsikan hambatan dalam pengelolaan limbah plastik di kampung Margosari kota Salatiga. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan jumlah Populasi anggota UPPKS berjumlah 16 orang, akan tetapi peneliti mengambil 5 sampel dari 16 orang tersebut, karena 5 dari 16 orang tersebut peneliti menganggap telah memiliki keterampilan lebih dalam pengelolaan limbah plastik. Dari 5 sampel yang di ambil terdiri dari 4 anggota UPPKS sebagai Subjek dan 1 Ketua UPPKS sebagai Informan. Analisis data ini menggunakan teknik observasi,wawancara dan dokumentasi dengan triangulasi sumber, triangulasi metode, triangulasi peneliti, triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mendeskripsikan pemberdayaan UPPKS dalam pengelolaan limbah plastik yang didesain berdasarkan tujuan, materi, pengelolaan, keterampilan dan pemasaran. Penelitian ini berkategori baik dan efektif dalam pengelolaan limbah plastik.

                 

 Kata kunci : pemberdayaan, UPPKS, pengelolaan limbah plastik

Full Text:

XML

References


Daftar Pustaka

Budiman, M. Arif. 2013. Pemberdayaan Wanita Tuna Susila (Wts) Melalui Kecakapan Hidup (Life Skill) Keterampilan Salon Tata Kecantikan Rambut (Studi Kasus Di Resosialisasi Argorejo Sunan Kuning Kota Semarang). Journal Of Non Formal Education And Community Empowerment. 2: 2.

Idrus, Muhammad. 2000. Laporan Penelitian. Kreatifitas Siswa. (tidak di terbitkan)

Karsidi, Ravik, 2013. Pengembangan Masyarakat Menelusuri Kearifan Lokal Masyarakat Samin Di Pusaran Modernisasi Pertanian. Surakarta: UNS Press.

Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelian Kualitatif. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Muzaki, Farid. 2011. Masalah Pengelolaan Lingkungan Hidup. http://faridmuzaki.blogspot.co.id/2011/09/masalah-pengelolaan-lingkungan-hidup-di.html (diunduh pada 6 Februari 2016 pukul 06.29 WIB).

Narotama. 2012. Sistem Pengelolaan Sampah Plastik Terintegrasi Dengan Pendekatan Ergonomi Total. http://dosen.narotama.ac.id/wp-content/uploads/2012/03/SISTEM-PENGELOLAAN-SAMPAH-PLASTIK-TERINTEGRASI-DENGAN-PENDEKATAN-ERGONOMI-TOTAL. (di unduh pada 6 Februari 2016 pukul 06.58 WIB).

Navarone, Okki. 2003. Analisis Pengaruh Tingkat Kesuksesan Produk Baru Dalam Peningkatan Kinerja Pemasaran. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. 2: 111-122

Parwanto, Awar. 2011. Pengembangan Produk Baru dan Strategi. http://arwaparwanto.blogspot.co.id/2011/07/pengembangan-produk-baru-dan-strategi.html (diunduh pada 11 februari 2016 pukul 13.40 WIB)

Permanasari, Devita, 2014. Studi Efektivitas Bank Sampah Sebagai Salah Satu Pendekatan Dalam Pengelolaan Sampah Yang Berbasis Masyarakat. Jurnal Lingkungan. 1:1-2.Siswanto, 2012. Bimbingan Sosial, Semarang: Unnes.

Putra, Hijrah Purnama dan Yebi Yuriandala. 2010. Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan. 2: 21-31.

Sagoro, Endra Murti. 2011. Daur Hidup Produk Dan Strategi Pemasaran.http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/endra-murti-sagoro-se-msc/daur-hidup-produk-dan-strategi-pemasaran-produk.pdf (diunduh pada 11 Februari pukul 13.35 wib).

Suharto, Edi, 2010. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Bandung: Refika Aditama.

Suryati, Teti, 2013. Bebas Sampah Dari Rumah. Jakarta: PT Agro Media Pustaka.

Sutapa, Pramana Gentur. 2011. Konsep Daur Ulang Dan Penerapan Dalam Pemanfaatan Kayu Sebagai Bahan Baku. http://teknologihutan.fkt.ugm.ac.id/userfiles/download/KONSEP_DAUR_ULANG_DAN_PENERAPAN_DALAM_PEMANFAATAN_KAYU_SEBAGAI_BAHAN_BAKU.pdf (diunduh pada 11 Februari pukul 13.33 WIB).

Sutarto, Joko, 2007. Konsep Dasar,Proses Pembelajaran, dan Pemberdayaan Masyarakat. Semarang: Unnes.

Wahyuningtyas, Eva. 2012. Pengelolaan Program Pelatihan Menjahit Tingkat Dasar Pada Anak Putus Sekolah Di Balai Latihan Kerja (BLK) Demak. Skripsi Pendidikan Luar Sekolah. Unnes

Friedmaan. 1992. Pemberdayaan. Jurnal Internasional. http://baledaurulang.blogspot.co.id/2013/06/tips-menjual-hasil-kerajinan-daur-ulang.html diakses pada 11 Februari pukul 13.18 WIB

Court. David, 2008. Pemasaran Produk. Jurnal Internasional. http://www.mckinseyquarterly.com/Marketing/Management/the_downturn_new_rules_for_marketers_2262 (diunduh pada 20 Maret 2016)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.