Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

PETUNJUK PENULISAN

UNIK Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa

 Sistematika Artikel

  1. 1.      Judul harus singkat dan mampu mencerminkan dari isi pokok tulisan (maksimum 12 kata jika ditulis dalam bahasa Indonesia dan maksimum 10 kata jika ditulis dalam bahasa inggris), spesifik, dan efektif.  Judul dicetak dengan huruf kapital di tengah-tengah, dengan font times new roman 14.
  2. 2.      Nama Penulis dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai nama dan alamat lembaga asal (nama lembaga, alamat, kode pos, nama negara), dan alamat korespondensi atau e-mail. Nama penulis ditempatkan di bawah judul artikel dengan font times new roman 10 cetak tebal. Apabila penulis lebih dari 1, maka nama penulis disertai tanda kurung kecil (Aribowo(1) & Fatkhurrokhman(2)) diatas nama yang diisi sesuai dengan urutan penulis.
  3. 3.      Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan panjang maksimal 200 kata yang berisi isu-isu pokok, tujuan penelitian, metode dan hasil penelitian yang ditulis secara ringkas, jelas, utuh mandiri dan lengkap menggambarkan esensi keseluruhan tulisan. Jumlah kata kunci 3-5 kata atau gabungan kata. Abstrak diketik dengan font Times New Roman, 11 dengan spasi tunggal.
  4. 4.      Kata Kunci mencerminkan konsep yang dikandung artikel terkait, lugas, dan informatif.
  5. 5.      Pendahuluan berisi latar belakang permasalahan, konteks penelitian, hasil kajian pustaka, dan tujuan penelitian. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf dengan dengan font times new roman 11.
  6. 6.      Metode penelitian menjelaskan rancangan bentuk dan metode penelitian, tempat, teknik pengumpulan data, definisi operasional variabel penelitian, dan teknik analisis dengan font times new roman 11.
  7. 7.      Hasil dan Pembahasan berisi uraian secara rinci seluruh hasil penelitian beserta analisisnya. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik, gambar dan/atau bagan. Pembahasan berisi pemaknaan hasil dan pembandingan dengan teori dan/atau hasil penelitian sejenis dengan font times new roman 11.
  8. 8.      Kesimpulan berisi rangkuman singkat atau intisari hasil penelitian yang berupa temuan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian. Pada bagian kesimpulan juga harus dikemukakan implikasi hasil penelitian bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kesimpulan disajikan dalam bentuk paragraf, dengan dengan font times new roman 11.

 

  1. 9.      Daftar Pustaka menggunakan  sistem  Harvard  Referencing  Standard memuat sumber-sumber yang dirujuk di dalam naskah. Sumber rujukan yang digunakan 80% berupa sumber-sumber primer seperti jurnal ilmiah atau laporan hasil penelitian dan merupakan pustakan terbitan 10 tahun terakhir dengan font times new roman, 11.
  2. 10.  Ukuran kertas mengunakan kertas A4 spasi 1,5. Margin kertas sebelah kiri 3 cm, kanan, atas dan bawah 2,5 cm dengan maksimal jumlah halaman yaitu 12 halaman.

 

 

Cara Menulis Rujukan

Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik (nama akhir, tahun) dengan aturan sebagai berikut:

a)      Jika ada dua penulis, perujukan dilakukan dengan cara menyebutkan nama akhir kedua penulis tersebut diikuti dengan tahun. Contoh:  (Reza & Toni, 2015)

b)      Jika penulis lebih dari dua, cukup penulis pertama yang ditulis dangan diikuti dengan keterangan dkk. atau et.al sesuai dengan bahasa yang digunakan dalam naskah. Contoh:  (Sistri dkk., 2015) atau (Sistri et.al., 2015)

 

 

 

Cara Menulis Daftar Rujukan

   Penulisan daftar rujukan menggunakan Sistem Referensi Harvard. Daftar rujukan disusun secara alfabetis dan kronologis. Seluruh tim penulis harus dicantumkan secara lengkap. Nama-nama depan penulis disingkat dan ditulis setelah nama belakangnya. Nama belakang harus sama dengan yang disebut di dalam naskah.

 

A.  Buku

 

Penulis 1, Penulis 2 dst. (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun publikasi.

 

Judul Buku cetak miring. Edisi, Penerbit. Tempat Publikasi. Contoh: O’Brien, J.A dan. J.M. Marakas. 2011. Management Information Systems. Edisi 10. McGraw-Hill. New York-USA.

B.  Artikel Jurnal

 

Penulis 1, Penulis 2 dan seterusnya, (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun publikasi. Judul artikel. Nama Jurnal Cetak Miring. Vol. Nomor. Rentang Halaman. Contoh: Cartlidge, J. 2012. Crossing boundaries: Using fact and fiction in adult learning. The Journal of Artistic and Creative Education. 6 (1): 94-111.

C.  Prosiding Seminar/Konferensi

 

Penulis 1, Penulis 2 dst, (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun publikasi. Judul artikel. Nama Konferensi. Tanggal, Bulan dan Tahun, Kota, Negara. Halaman. Contoh: Michael, R. 2011. Integrating innovation into enterprise architecture management. Proceeding on Tenth International Conference on Wirt-schafts Informatik. 16-18 February 2011, Zurich, Swis. Hal. 776-786.

 

D.  Tesis atau Disertasi

 

Penulis  (Nama  belakang,  nama  depan  disingkat).  Tahun  publikasi.  Judul.  Skripsi, Tesis, atau Disertasi. Universitas. Contoh: Soegandhi. 2009. Aplikasi model kebangkrutan pada perusahaan daerah di Jawa Timur. Tesis. Fakultas Ekonomi Universitas Joyonegoro, Surabaya.

 

E.  Sumber Rujukan dari Website

 

Penulis. Tahun. Judul. Alamat Uniform Resources Locator (URL). Tanggal Diakses. Contoh: Ahmed, S. dan A. Zlate. Capital flows to emerging market economies: A brave new  world?.  http://www.federalreserve.gov/pubs/ifdp/2013/1081/ifdp1081.pdf. Diakses tanggal 18 Juni 2013.

 

Penulisan Rumus, Tabel, dan Gambar

 

A.  Penulisan Rumus

 

Rumus matematika ditulis secara jelas dengan Microsoft Equation atau aplikasi lain yang sejenis dan diberi nomor seperti contoh berikut.

√     ∑

B.  Penulisan Tabel

 

Tabel diberi nomor sesuai urutan penyajian (Tabel 1, dst.), tanpa garis batas kanan atau kiri. Judul tabel ditulis di bagian atas tabel dengan posisi rata tengah (center justified) seperti contoh berikut.

 

Tabel 1 Desain Penelitian

 

Kelompok

Pretes

Perlakuan

Postes

Eksperimen

O1

X1

O2

Kontrol

O1

X2

O2

 

C.  Gambar

 

Gambar diberi  nomor  sesuai  urutan  penyajian  (Gambar.1,  dst.).  Judul  gambar diletakkan di bawah gambar dengan posisi tengah (center justified) seperti contoh berikut

 

 

 

Gambar 1. Perbandingan Perilaku Anak terhadap Nilai Mata Pelajaran Matematika

Lampiran  Form Biodata Penyunting

Nama

Pendidikan Terakhir

Instansi

Sistriandini Alamsyah Sidiq, S.Pd, M.Pd.

S2 PLB UPI, Bandung

Dosen Jurusan Pendidikan Luar Biasa FKIP UNTIRTA

Dedi Mulya, S.Pd., M.Pd.

S2 PLB UPI, Bandung

 

Dosen Jurusan Pendidikan Luar Biasa FKIP UNTIRTA

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

 

Pemberitahuan Hak Cipta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau pihak lain.