PENGGUNAAN PERMAINAN DENGAN TEMAN SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK AUTIS

Sistriadini Alamsyah Sidik

Sari


Penggunaan permainan dengan teman sebaya dijadikan sebagai media untuk intervensi karena dapat lebih banyak menstimulasi anak untuk belajar berinteraksi dengan lingkungannya (teman-teman dan guru) dan dapat menstimulus peningkatan kemampuan komunikasi anak Autis. Dalam penelitian ini permainan dengan teman sebaya yang dipilih telah disetting terlebih dahulu sehingga matang dalam pelaksanaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang penggunaan permainan teman sebaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi anak Autis di SMP X di Kota Bandung.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan pendekatan Single Subject Research, sedangkan desain yang digunakan adalah desain A-B-A. Target behavior dalam penelitian ini yaitu 1) menunjukkan objek yang diinginkan, dan 2) mengungkapkan keinginan secara lisan. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif, dan ditampilkan melalui grafik. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa permainan dengan teman sebaya dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anak Autis baik secara verbal maupun non verbal di SMP X di Kota Bandung. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya mean di kedua target behavior. Hasil yang didapat untuk  mean menunjukkan objek yang diinginkan pada subjek kesatu pada kondisi baseline sebesar 2,75 % setelah dilakukan intervensi meningkat menjadi 16,12%. Untuk mengungkapkan keinginan secara lisan  mean kondisi awal sebesar 3,5% menjadi 28,37% dan pada subjek ke dua pada kondisi baseline sebesar 7,25 % setelah dilakukan intervensi meningkat menjadi 29%. Untuk mengungkapkan keinginan secara lisan  mean kondisi awal sebesar 4,75% menjadi 42,37%  Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa permainan dengan teman sebaya dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anak Autis di SMP X di Kota Bandung.

 

 

Kata Kunci : permainan dengan teman sebaya, anak Autis, kemampuan komunikasi


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abadi, R.F. (2013). Pengembangan Media Alternatif dan Augmentatif Communication (AAC) dalam mengembangkan keterampilan komunikasi anak dengan hambatan komunikasi. Tesis pada Prodi Pendidikan Khusus Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Tidak diterbitkan.

Anggraeni, D. (2010). Apa itu Sindrom Rett. [online]. Tersedia: http://dyahanggraeni.blogspot.com/2010/04/sindrom-rett-apa-itu-sindrom-rett.html. (9 Januari 2014).

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Bagus, A. (2011). Artikel Detail. [online]. Tersedia: http://aji-bagus-fpips11.web.unair.ac.id/artikeldetail-23418.html. (1 April 2012)

Cotugno, A. (2009). Group Interventions for Children eith Autism Spectrum Disorders. London : Jessica Kingsley Publishers.

Delphi, B. (2006). Terapi Permainan 1. Bandung: Rizqi Press.

-----------------. (2006). Terapi Permainan II. Bandung: Rizqi Press.

Ferdy. (2010). Pengertian Komunikasi Verbal dan Non Verbal. [online]. Tersedia: http://ferdy-pharm.blogspot.com/2010/01/pengertian-komunikasi-verbal-dan-non.html. ( 20 April 2012)

Freud. (2010). Macam-macam gangguan pervasive. [online]. Tersedia: http://proffreud.blogspot.com/2010/04/macam-macam-gangguan-pervasive-pada.html. (9 januari 2014).

Haris. (2011). Definisi Komunikasi menurut Para Ahli. [online]. Tersedia: http://harisok.blogspot.com/2011/03/definisi-komunikasi-menurut-para-ahli.html. ( 7 Maret 2012)

Info Autis. (2011). Sindrom Gangguan Autisme (Autism Syndrome Disorder ). [online]. Tersedia. http://www.autis.info/index.php/tentang-autisme/sindrom-gangguan-autisme. (30 Maret 2012)

Kembara, P. (2010). Penyebab Autisme. [online]. Tersedia: http://www.putrakembara.com. (7 Maret 2012)

Maulana. (2007). Autisme. [online]. Tersedia: http://www.unika.ac.id. ( 1 april 2012)

Mia, P (Senin, 22 Maret 2010). Pengertian Autis. [online] Tersedia.. http://miaputri.blogspot.com/2010/03/pengertian-autis.html. ( 1 April 2012)

Nuryanti, L. (2007). Penerapan Terapi Bermain bagi Penyandang Autisme. [online]. Tersedia:http://klinis.wordpress.com/2007/08/30/penerapan-. terapi-bermain-bagi-penyandang-autisme-1/. (20 Maret 20012).

Ormrod, JE. (2002). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga

Pria. (2011). Pengertian Komunikasi Verbal. Tersedia. [online].

http://id.shvoong.com/sosial-sciences/education/2206677-pengertian-komunikasi-verbal/. ( 1 April 2012)

Purwanto, E .(2010). Mengembangkan Komunikasi Sosial Anak Autis Dengan Metode Bermain.. Tersedia. [online]. http://jendelapemikiran.wordpress.com/2010/09/06/mengembangkan-komunikasi-sosial-anak-autis-dengan-metode-bermain/. (20 Maret 2012)

Rohmah, I. (2012). Terapi Bermain. [online]. Tersedia: http://blog.elearning.unesa.ac.id/inayatur-rohmah/terapi-bermain. (20 Maret 2012)

Roswita.(2011). Efek metode priming dalam meningkatkan inisiasi spontan anak Autis terhadap teman sebaya. [online]. Tersedia: http://www.unika.ac.id/lppm/images/uploaded/files/3_roswita.pdf (7 Maret 2012)

Shafer, M. (1984). Training Mildly Handicapped Peers to Facilitate Changes in The Sosial Interaction Skill of Autistik Childer. Journal of Applied Behavior Anaysis. Collage Park: Virginia Commonwealth University and The University of Maryland.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sunanto, J., et al. (2006). Penelitian dengan Subjek Tunggal. Bandung : UPI PRESS

Tawny, W dan Gast, I. (1984). Single Subject Research In Special Education. Columbus: Charles E Merril Publishing Company.

Tim Dosen UPI. (2012). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung : UPI PRESS

Tn. (2006). Panduan Umum Pelayanan Sosial Anak Autis. Jakarta: Departemen Sosial RI Direktorat Pelayanan Sosial Anak Direktorat Jenderal Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial.

Tn.(2009). Bab 1. [online]. Tersedia. (http://www.library.upnvj.ac.id/pdf/s1fisip09/204612040/bab1.pdf). (7 Maret 2012)

Tn. (2009). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak Autis Dengan Menggunakan Pecs (Bagian 3). Tersedia. [online]. http://pendidikankhusus.wordpress.com/2009/04/06/upaya-meningkatkan-kemampuan-komunikasi-anak-autis-dengan-menggunakan-pecs-bagian-3/. (20 April 2012)

Tn. (2010). PKn Chapter 2. [online]. Tersedia. (http://repository.upi.edu/operator/upload/s_pkn_043932_chapter2.pdf :2012). (7 Maret 2012)

Wikipedia. (2013). Komunikasi non verbal. [online]. Tersedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_nonverbal. (9 Januari 2014)

Yanuarti, D. (2010). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Verbal Anak Autistik Spectrum Disorder (ASD) melalui Teman Sebaya. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UPI. Bandung. Tidak diterbitkan




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v1i1.3496

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .