STUDI DESKRIPTIF PEMBELAJARAN KOMUNIKASI PADA ANAK TUNA NETRA-RUNGU DI SLB RAWINALA JAKARTA

Dedi Mulia

Sari


Tidak ada pelajaran khusus untuk mengajarkan komunikasi. Komunikasi digunakan disetiap pelajaran dan disetiap kegiatan anak. Guru menggunakan tiga macam cara berkomunikasi ketika mengajar yaitu bahasa isyarat dalam bentuk isyarat rabaan dan sentuhan, simbol-simbol dan benda-benda konkrit. Cara yang dilakukan guru kelas dalam memelihara kemampuan komunikasi anak agar tidak mengalami kemunduran yaitu mengajak anak untuk selalu aktif berkomunikasi di sekolah dan di rumah.

Kata Kunci :  Komunikasi, Bahasa Isyarat.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abdurrachman & Sudjadi. Pendidikan Luar Biasa Umum. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1994.

Alsop, Linda. A Resource Manual for Understanding & Interacting with Infants. Toddiers & Presschool Age Children with Deaf-Bliendness, Logan : SKI HI Institute, 1993.

Durkel, J.C. Non-Verbal Communication: Cues, Signal and Symbols, (http//www.tsbvi.edu/Education/vminonverbal.hlm).

Johsen, B.H dan Miriam D. Skjorten. Buku I Menuju Inklusi: Pendidikan Kebutuhan Khusus (Sebuah Pengantar). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2003.

Liliweri, Alo. Komunikasi Verbal dan Non Verbal. Bandung: PT. Citra Aditya Bakty, 1994.

Mangunsong, Frida. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Depok: LPSP3, 1998.

Moekijat. Teori Komunikasi. Bandung: Mandar Maju, 2008.

Moleong, J.L. Metode Penelitian Kualitattif. Jakarta: Rosada Karya, 1989.

Nasution, S. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito, 1996.

Rusman. Model-model Pembelajaran “Mengembangkan Profesionalisme Guru”. Bandung: Rajawali Perst, 2010.

Weningsih.Komunikasi Pra-Simbolik Pada Anak Tuna Netra Rungu. Jakarta: Skripsi PLB UNJ, 2009.

Wijayantin, Anastasia. Pengembangan Desain Pemeblajaran bagi Anak Buta-Tuli (Deafblind) Berdasarkan Kurikulum Fungsional dan Setting Alamiah,” EDUCATIONIST Vol. III No. 1 Januari 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v1i1.3498

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .