PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA SISWA TUNARUNGU DI SEKOLAH INKLUSI

sary safieri Matien

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pembelajaran berbasis Multiple Intelligences pada siswa tunarungu di sekolah inklusi dengan fokus pada perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi, hambatan, dan upaya mengatasi hambatan dalam pembelajaran berbasis Multiple Intelligences.

Penelitian ini dilakukan di SD Inklusi Mutiara Bunda Bandung. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa semua responden melaksanakan asesmen dan menyusun lesson plan. Pada pelaksanaan pembelajaran semua responden menggunakan strategi pembelajaran berbasis Multiple Intelligences diantaranya dengan menerapkan pembelajaran berbasis kecerdasan visual- spasial, jasmani- kinestetik, interpersonal dan naturalis. Evaluasi yang dibuat adalah evaluasi proses dan post test. Hambatan yang dialami adalah dalam perumusan asesmen, penyusunan lesson plan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dan upaya yang dilakukan adalah dengan berkonsultasi kepada pihak ahli, mengikuti berbagai pelatihan dan seminar yang diadakan oleh sekolah, penyederhanaan kalimat yang diucapkan, dan menggunakan bahasa isyarat lokal disamping bahasa oral,


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. ( 1996). Media Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo.

Bunawan, L. (2000). Penguasaan Bahasa Anak Tunarungu. Proyek Pendidikan Tenaga Akademik. Jakarta: Yayasan Santi Rama.

Chatib, M. (2009). Multiple Intelligences Sebagai Sistem (Makalah Training pelatihan Guru di SD YIMA Islamic school tgl 23 November2009)

Chatib, M. (2012). Sekolahnya Manusia Sekolah berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Bandung: Penerbit Kaifa PT Mizan Pustaka

Chatib, M & Said, A. (2012). Sekolah Anak- Anak Juara Berbasis Kecerdasan Jamak dan Pendidikan Berkeadilan. Bandung: Penerbit Kaifa PT Mizan Pustak

Depdiknas. (2002). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Laporan Buku, Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi), Bandung UPI

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Gardner, H. (2003). Multiple intelligences (Kecerdasan Majemuk). Batam: Interaksara

Hernawati, T. Hambatan Belajar Dan Kebutuhan Khusus Anak Dengan Hambatan Sensoris Pendengaran. [online]. Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/196302081987032-TATI_HERNAWATI/BAHAN_PRESENTASI_2.pdf [26 September 2012]

Hidayat. (2009). Model dan Strategi Pembelajaran ABK dalam Setting Pendidikan Inklusif. [online]. Tersedia: http://puterakembara.org/BPP/Makalah 1.pdf [13 Oktober 2012]

Jaenudin, M. (2009). Inklusif, Bukan Asal Masuk Sekolah Reguler. [online]. Tersedia: http://www.klubguru.com/2-view.php. [01 Agustus 2012]

Kabar Pendidikan Luar Biasa. (2012). Perkembangan Anak Tunarungu. [online]. Tersedia: http://kabarpendidikanluarbiasa.wordpress.com/2012/07/14/perkembangan-anak-tunarungu/ [26 September 2012]

Moleong, L.J. (1997). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyadi, S. (2003). “Kecerdasan intelektual tak cuma logika dan bahasa”. Kompas (6 Agustus 2003)

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v1i1.3499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats