PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF CERDAS BELAJAR BACA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN ( Studi Eksperimen Dengan Desain Single Subject Research Terhadap Siswa Tunagrahita Ringan Kelas III SDLB C Cinta Asih)

Pupu Fauziah

Sari


ABSTRAK

Anak tunagrahita ringan adalah anak yang mengalami keterlambatan perkembangan kecerdasan, mereka mengalami berbagai macam hambatan. Ketunagrahitaan membawa dampak pada aspek perkembangan. Salah satunya pada aspek perkembangan kognitif. Salah satu aspek kognitif yang sangat penting untuk dikuasai oleh anak adalah kemampuan membaca, karena membaca merupakan tahap penting dalam proses perkembangan anak. Kegiatan membaca terdiri dari dua tahapan, yaitu tahap membaca permulaan dan tahap membaca lanjut. Subjek penelitian sudah mampu mengenal dan membedakan huruf namun anak mengalami kesulitan dalam menggabungkan huruf tersebut menjadi suku  kata maupun kata. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu anak dalam belajar membaca permulaan yaitu dengan menggunakan multimedia interaktif cerdas belajar baca. Multimedia interaktif ini merupakan media pembelajaran terbitan Gramedia yang berisi materi-materi membaca permulaan. Melalui multimedia interaktif ini anak dapat belajar membaca permulaan dengan metode kata lambang, dimana anak akan belajar membaca kata disertai gambar dari kata tersebut. Penelitian ini dilakukan di SLBN Cinta Asih Soreang dan subjek penelitiannya adalah seorang anak tunagrahita ringan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: apakah penggunaan multimedia interaktif cerdas belajar baca dapat meningkatkan kemampuan anak tunagrahita ringan dalam membaca permulaan ? dan bertujuan untuk memahami bagaimana kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan, memahami bagaimana pengaruh multimedia interaktif cerdas belajar baca dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode  Single Subject Research (SSR) dengan model desain A-B-A dan menggunakan satuan ukur persentase. Hasil penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah yang diajukan, subjek mengalami peningkatan dalam kemampuan membaca permulaan setelah diberikan intervensi dengan menggunakan multimedia interaktif cerdas belajar baca. Hal ini dapat ditunjukan dengan meningkatnya mean level  pada setiap fase. Fase baseline (A1) data mean yang diperoleh subjek sebesar 10%. Fase intervensi (B) data yang mean diperoleh subjek adalah 73,75%, hal ini menunjukan adanya peningkatan persentase kemampuan subjek dalam membaca permulaan dibandingkan data mean pada fase baseline (A1).  Sedangkan pada tahap fase baseline 2 (A2) data mean yang diperoleh anak adalah 71,25 %. Jika dilihat dari data mean pada tahap fase basline 2 (A2) anak menunjukan peningkatan dibandingkan data mean pada fase baseline m (A1).


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abdurrahman, M. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Alimin, Z. (2008). Hambatan Belajar dan Hambatan Perkembangan pada Anak Tunagrahita. [Online]. Tersedia: http://www.z-alimin.blogspot.com [13 Juni 2012]

Amin, M. (1995). Ortopedagogik Anak Tunagrahita. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud PPTG.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

B. Uno, H dan Lamatenggo, N. (2010). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hurlock, E. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT. Erlangga

Kustandi, C. dan Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mulyanta dan Leong, M. (2009). Toturial Membangun Multimedia Interaktif Media Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Prasetyo, F H. (2007). Desain dan Aplikasi Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Macromedia Flash MX. Magelang: Ardana Media.

Rahim, F. (2008). Pengajaran membaca di Sekolah Dasar. Jakarta; Bumi Aksara

Shakinawati, M. (2010). Penggunaan Multimedia Interaktif Model Tutorial Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak Tunarungu. Skripsi S1 Pada Jurusan PLB FIP UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Somantri, T. S . (2005). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama .

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sunanto, J., dkk. (2006). Penelitian dengan Subjek Tunggal. Bandung: UPI Press

Tampubolon. (1993). Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Pada Anak. Bandung: Angkasa




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v1i1.3501

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .