PENERAPAN PERMAINAN CHEERLEADERS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA UJARAN KATA BENDA PADA ANAK TUNARUNGU KELAS D3 DI SLB YSDP BAGOR RANCAH, KABUPATEN CIAMIS

Miska Supriawan

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan permainan cheerleaders dalam meningkatkan kemampuan membaca ujaran kata benda pada anak tunarungu. Permainan cheerleaders merupakan serangkaian kegiatan yang mengintegrasikan berbagai indera sensoris pada saat mengujarkan kata dengan perpindahan gerakan yang bervariatif Berdasarkan judul penelitian ini, yakni “Penerapan Permainan Cheerleaders dapat meningkatkan kemampuan membaca ujaran kata benda (anggota tubuh, buah-buahan, pakaian) pada anak tunarungu kelas D3 di SLB YSDP Bagor Rancah, Kabupaten Ciamis”, maka penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian tindakan ini dilakukan untuk menggambarkan dan mengamati proses belajar murid kelas 3 SLB dengan menggunakan permainan Cheerleaders dalam meningkatkan kemampuan membaca ujaran kata benda.  Mekanisme pelaksanaannya dengan dua siklus. Setiap siklus masing-masing    dilaksanakan    dengan    empat   tahap,   yaitu:   (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Penelitian tindakan kelas ini merupakan salah satu upaya untuk memperbaiki praktik pembelajaran agar lebih bermanfaat. Dengan demikian, guru dapat mengetahui secara jelas masalah-masalah yang ada di kelas dan solusi dalam mengatasi masalah tersebut. Dari peroses penelitian yang telah dilakukan tampak kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugaas dengan melakukam aktivitas dengan permainan Cheerleaders ada peningkatan pada setiap siklusnya yaitu mulai dari siklus kesatu dengan nilai WR 4, AY 5, mereka sebenarnya sudah memahami kegiatan pembelajaran dengan menggunakan permainan cheerleaders, namun masih banyak hal yang harus diperbaiki dalam peroses pembelajarannnya, untuk itu peneliti melanjutkan ke siklus ke II sedangkan siklus kedua kedua siswa melakukan peningkatan yang cukup signifikan WR 7, AY 8. Dari hasil tersebut menandakan bahwa kemampuan siswa secara keseluruhan pada pelajaran Olahraga dengan melakukan aktivitas / kegiatan pembelajaran dengan menggunaan permainan Cheerleaders mendapat kategori baik, dan melebihi nilai  Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM = 60).


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abdurachman, D. dan Sugiarto, Moch. (2000). Pedoman Pengajaran Wicara untuk Anak Tunarungu. Jakarta : Direktorat Pendidikan Dasar Bagian Proyek Peningkatan Mutu Sekolah Luar Biasa. Tidak Diperdagangkan.

Arikunto, S. (2005). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

______. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Bunawan, L. dan Yuwati, C. S. (2000). Penguasaan Bahasa Anak Tunarungu. Jakarta : Yayasan Santi Rama. Tidak diterbitkan.

Charlesworth, L. dan Schecter,D. (2003). Spelling Secrets. U.S.A. : Scholastic Inc.

Gruber. (2004). Cheerleading For Fun !. Jakarta : Compass Book.

Hagen, A. V. (1990). Kursus Penyegaran Pendidikan Anak Tunarungu Metode Reflektif Pengajaran Bahasa Ibu. Wonosobo : Yayasan Dena-Upakara dan Karya Bakti. Tanpa Diterbitkan.

Hernawati, T. dkk. (2008). Modul Artikulasi dan Optimalisasi Fungsi Pendengaran. Bandung : Jurusan PLB. Tidak Diterbitkan

Lewis, G. dan Bedson, G. (2004). Games for Children. China : Oxford University Press.

Sadja’ah, E. (2005). Gangguan Bicara-Bahasa. Bandung : San Grafika.

______. (2003). Layanan dan Latihan Artikulasi Anak Tunarungu. Bandung : San Grafika.

______. (2013). Bina Bicara, Persepsi Bunyi dan Irama. Bandung : Refika Aditama.

Santrock, J. W. (2011). Masa Perkembangan Anak. Jakarta : Salemba Humanika.

Somad, P. dan Hernawati, T. (1995). Ortopedagogik Anak Tunarungu. Jakarta : DEPDIKBUD DIRJEN DIKTI.

Somad, P. (2008). Dampak Ketunarunguan Terhadap Perkembangan Individu. [Online]. Tersedia : http : // permanarian somad. blogspot. com/. [14 September 2011].

Sudiraharti, P. Tanpa Tahun. Bina Persepsi Bunyi dan Irama. Bandung: Dinas Pendidikan. Tidak Diterbitkan.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

_____. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sunanto, J. dkk. (2006). Penelitian dengan Subyek Tunggal. Bandung : UPI Press.

______. (2011). Pedoman Penulisan Skripsi dan Makalah. Bandung : Tidak Diterbitkan.

Susetyo, B. (2012). Statistika untuk Analisis Data Penelitian Dilengkapi Cara Perhitungan dengan SPSS dan MS Office Excel. Bandung : Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v1i1.3503

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .