PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI KOMPUTER TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 11-20 PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG DI SEKOLAH KHUSUS YKDW 01 TANGERANG

rd epi ratna nur ganepi

Sari


Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di Sekolah Khusus YKDW 01 Tangerang, Banten, terdapat dua siswa anak tunagrahita sedang yang mengalami kesulitan dalam belajar yaitu belajar mengenal lambang bilangan 11-20. Kedua siswa sering mengalami kesalahan dalam meyebutkan lambang bilangan yang ia lihat, menunjukan lambang bilangan yang sesuai dengan yang ia dengar, menuliskan dan memasangkan lambang bilangan yang mewakili benda yang ia bilang. Hal tersebut dapat menjadi indikator bahwa anak tidak mengenal lambang bilangan dengan baik. Anak cepat bosan dalam menerima materi pelajaran mengenal lambang bilangan 11-20, hal tersebut dikarenaka dalam proses pembelajaran mengenal lambang bilangan 11-20 pada anak yang dilakukan oleh guru kelas masih menggunakan metode drill menggunakan tugas pada buku tulis dan media kartu bilangan sederhana, hal tersebut mengakibatkan kejenuhan bagi anak sehingga anak tidak menaruh perhatian terhadap materi pelajaran yang diberikan.Berdasarkan judul penelitian ini, yakni, maka penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian tindakan kelas (classroom action research). Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil pretes di kelas dasar IV pada Sekolah Khusus Ykdw 01 Tangerang, menunjukkan bahwa dari 2 subjek penelitian yaitu ST dan RS, dapat mengikuti kegiatan belajar dengan baik walaupun masih banyak kekurangan dalam peroses pembelajaran dikelas. Hal ini menggambarkan bahwa tingkat kemampuan memahami tugas yang berhubungan dengan konsep menghapal dan atau memaahami masih kurang sehingga siswa sulit menyelesaikan tugas yang diberikan Setelah diberikan pembelajaran Matematika dengan menggunakan media animasi komputer dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 11-20 sebanyak 6 kali pertemuan dengan waktu 2 x 35 menit setiap pertemuan kemampuan mengenal bilangan 11-20 pada siswa tunagraita kelas dasar IV mengalami peningkatan yang berarti.Berdasarkan hasil tes pada siklus ke II terhadap 2 subjek penelitian yaitu ST dan RS sesudah diberikan perlakuan melalui aktivitas mengenal bilangan 11-20 dengan media animasi komputer, kemampuan mengenal bilangan 11-20 siswa tunagrahita sedang kelas dasar IV Sekolah Khusus YKDW 01 Tangerang. dikategorikan meningkat. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan  kemampuan aktivitas mengenal bilangan 11-20 tunagrahita sedang kelas dasar IV dari rata-rata cukup mampu, mengalami peningkatan menjadi memuaskan.Adanya peningkatan kemampuan mengenal bilangan 11-20 murid tunagrahita ringan menunjukkan adanya pengaruh dari latihan atau media animasi komputer yang diberikan oleh guru dalam mata pelajaran matematika, artinya penggunaan media animasi komputer dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 11-20 pada murid tunagrahita sedang kelas dasar IV di Sekolah Khusus YKDW 01 Tangerang.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Alimin, Z (2004). “Hambatan Belajar pada Anak Down’s Syndrome dan Implikasinya Terhadap Intervensi Pendidikan”. Jurnal Jassi Anaku Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus. 3, (2), 172-181.

Amin, M. (1995). Ortopedagogik Anak Tunagrahita. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Darwanto. (2007). Televisi Sebagai Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar SDLB-C1. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Djalle, G. (2007). 3D Animation Movie. Bandung: Informatika.

Fathani, A. (2009). Matematika Hakikat dan Logika. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Geniofam. (2010). Mengasuh dan mensukseskan anak berkebutuhan khusus.Yogyakarta: Garailmu.

Gunarhadi. (2005). Penanganan Anak Sindroma Down dalam lingkungan Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Hendry.(2012). Teori Locus Of control. [Online]

Tersedia: http://teorionline.wordpress.com [12 Juni 2012]

Indriana, D. (2010). Ragam alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: PT Diva Press.

Mariam, I. (2010). Pengaruh Penggunaan Gambar Dua Dimensi Dengan Animasi Komputer Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sains Anak Tunarungu. Skripsi pada PLB FIP UPI Bandung. Tidak diterbitkan.

Julaeha, S. (2012). Penggunaan Metode Permainan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Pemahaman Lambang bilangan Bagi Siswa Tunagrahita Ringan. Skripsi pada PLB FIP UPI Bandung. Tidak diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v2i2.3569

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .