PEMBELAJARAN TARI KREASI PERAHU LAYAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TUNAGRAHITA PADA SKh AL KAUTSAR KOTA CILEGON

Niken Indah Cahyani, Dr. Joko Yuwono, M.Pd, Dedi Mulia, M.Pd

Sari


Abstract

This research aims to know the condition of the motor (1) gross motoric conditions of children before being given treatment creative dance learning (2) gross motoric conditions of children when given treatment creative dance learning (3) gross motoric skills of children after being given dance learning treatment creation. This research is an experimental study with a one group pretest posttest design approach. Data collection techniques in this study used observations in the form of a checklist and documentation in the form of photographs. The data obtained were analyzed using descriptive statistics and displayed using graphs. The results of this study indicate that there is an increase in gross motoric students using dance learning sailboat creations. It can be seen that there is an increase in the value of the average pretest and also the posttest obtained by students. The results of the average value before being given the dance learning treatment of sailboat creations (pretets) obtained at 31, 24% then increased after being given sailboat creation (posttest) dance learning treatment of 72, 18%. This can indicate that the division of dance sailboat creations can improve the gross motoric abilities of mentally retarded children.


Kata Kunci


Learning Dance Sailboat Creations, Rough Motor Ability, Children with Impotence

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S dan Jabar. (2004). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Astati. (2010). Bina Diri Bagi Anak Tunagrahita. Bandung: Cv Catur Karya Mandiri

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Cv

Darmawan, Deni. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakari

Delphie, Bandi. (2006). Gerak Irama. Bandung: Rizqi Press

Delphie, Bandi. (2007). Pembelajaran Untuk Anak Dengan Berkebutuhan Khusus. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan

Dimyati, Johni. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya Pada PAUD. Jakarta: Kencana

Huda, Miftahul. (2013). Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Idrawati. (2012). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Tari Kreasi Di TK Melati Kabupaten Solok Selatan. Form Jurnal Pesona Paud Volume 1, No 1: ejournal.unp.ac.id

Lykesas, Georgios, et al. (2014). Asian Journal of Humanities and Social StudiesVolume2,[online]http://www.ajo uronline.com/index.php/AJHSS/article/v iew/982, diakses pada 12 Mei 2018

Mutohir, C, Toho dan Gusril. (2004). Perkembangan Motorik Pada Masa Anak-Anak. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Narbuko, Cholid, dkk. (2009). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Oedjo, Ratoe, M dan Bunga, Novoanti, B. (2016). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Sikodoka Bagi Anak Berlatar Belakang Tunagrahita. From Jurrnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, Volume 11. Nomor 2: journal.unj.ac.id

Pamadhi, Hadjar, dkk. (2014). Pendidikan Seni di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Pekerti, Widia, dkk. (2009). Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka

Rachmayana, Dadan. (2007). Menuju Anak Masa Depan yang Inklusif. Jakarta: Luxima

Rachmi, Tetty, dkk. (2011). Keterampilan Musik dan Tari. Jakarta: Universitas Terbuka

Ratnayanti, Rahajeng dan Kustiawan, Usep. (2014). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Tari Kreasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Siswa Tunagrahita Di Sekolah Dasar Luar Biasa. From Jurnal ORTOPEDAGOGIA Volume 1, Nomor 3: journal.um.ac.id, [online], diakses 20 Maret 2018

Saputra, Yudha M. (2008). Perkembangan dan Belajar Motorik. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Somantri, Sutjihati. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung PT. Refika Aditama

Sudaryono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Dinas Pendidikan Provinsi Banten

Sugiyono. (2009). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

. (2011). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Sunardi, dkk. (2007). Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan

Supardi, dkk. (2011). Perencanaan Sistem Pembelajaran. Ciputat: Cv Harisma Jaya Mandiri.

Undang Undang Republik Indonesia No 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas. (2016). [online] www.kemendagri.go.id. Diakses pada 05 April 2018

Utami, Restu, S. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Indonesia. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Wantah, J, Maria. (2007). Pengembangan Kemandirian Anak Tunagrahita Mampu Latih. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan

Wati, Erni R. (2018). Tari Merak Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Ringan Di SDLB. [online] http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index .php/jurnal.pendidikan.khusus , diakses pada 22 September 2018

Widiati, Sri dan Murtadlo. (2007). Pendidikan Jasmani dan Olahraga Adaptif. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v3i1.5306

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .