Pengembangan Aplikasi Multimedia Interaktif Ekopedagogik Untuk Menumbuhkan Green Behaviour Bagi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sejarah Nasional Indonesia III

Alian Sair, A. Asmaniar, E. Ermanovida, S. Syarifuddin

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pengembangan Aplikasi Multimedia Interaktif Ekopedagogik Untuk Menumbuhkan Green Behaviour bagi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sejarah Nasional Indonesia III” pada Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Akker. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi multimedia interaktif menggunakan sistem Android untuk menumbuhkan Green Behaviour pada perkuliahan Sejarah Nasional Indonesia III. Berdasarkan respon dari para responden menunjukan aplikasi ECO-H mempermudah pemahaman akan keterkaitan ekopedagogi dan Green Behaviour dilihat dari sudut pandang kesejarahan karena didukung oleh gambar dan video. Secara keseluruhan aplikasi multimedia Eco-H memiliki efektifitas yang tinggi dan baik untuk digunakan sebagai penunjang pembelajaran/ perkuliahan untuk menerapkan Green Behaviour.


Keywords


Pengembangan Multimedia; Aplikasi Android; Efektivitas.

Full Text:

PDF

References


Akker, Jan van den. 1999. Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publishers.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bakri, Harun. 2010. Langkah-Langkah Pengembangan Multimedia Interaktif. Jurnal Medtek Volume 2 No.1, April 2010. Fakutas Teknik, Universitas Negeri Makasar.

Mushthafa, 2008. Hutan Itu Saudara Kandung Kita. Rindupulang.blogspot.com

Putri, Dwi Noviyani, et al. Mengembangkan Kecerdasan Ekologis dalam IPS. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar FKIP Universitas PGRI Yogyakarta.

Ridwan, Muhammad. Ekopedagogik. deniwidaningsih.blogspot.com.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprianta, Nana. 2011. Ecopedagogy dan Green Curriculum dalam Pembelajaran Sejarah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sejarah, Bandung Maret 2011.

Samiyantosolo.wordpress.com, diakses 14 Maret 2018

Supriatna, Nana. 2013. Developing Green Behaviour Through Ecopedagogy. Artikel Pendidikan IPS Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Wilkipedia. Pendidikan Lingkungan Hidup.Diakses 11 Februari 2014.

Wilkipedia. Ekologi. Diakses 10 Februari 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v5i1.6086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Statistic Counter since April 2022


Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah (CJPS) ISSN: 2477-8214 (online) | ISSN: 2477-2771 (print)

Published by Department of History Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) and Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI)

Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email: candrasangkala@untirta.ac.id

 

MAP OUR OFFICE: