PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT

Ramini Ramini, Dadang Setyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan masalah materi SPLDV ditinjau dari adversity quotient. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX semester ganjil SMP N 1 Ampel. Subjek penelitian diperoleh dengan menggunakan atau didasarkan pada hasil angket adversity quotient dengan kategori quitter, camper dan climber. Analisis data didasarkan pada hasil angket, hasil tes, hasil wawancara dan hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1. Subjek pada kategori AQ rendah (Quitter) memiliki perbedaan dalam tahapan pemecahan masalah menurut Polya, yaitu memahami masalah, menyusun rencana dan mengevaluasi hasil pemecahan masalah. 2. Subjek pada kategori AQ sedang (camper) memiliki perbedaan dalam tahapan pemecahan masalah menurut Polya, yaitu memahami masalah dan menyusun rencana pemecahan masalah. 3. Subjek pada kategori AQ tinggi (Climber) memiliki perbedaan dalam tahapan pemecahan masalah menurut Polya, yaitu memahami masalah, menyusun rencana dan melakukan rencana pemecahan masalah. 


Full Text:

PDF

References


Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa SMP melalui pembelajaran open ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118.

Mairing, J. P. (2010). Profil Pemecahan Masalah Peraih Medali Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Matematika.

Martin, W. G. (2000). Principles and standards for school mathematics (Vol. 1). National Council of Teachers of.

Netriwati, N. (2016). Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Pemecahkan Masalah Matematis menurut Teori Polya. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 181-190.

Nurhanifah, N. (2019). Analisis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP berdasarkan Adversity Quotient (AQ) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Nuramalina, Y., Hendrayana, A., & Khaerunnisa, E. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis dan Gaya Belajar Matematis. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 13(1), 133-149.

Pimta, S., Tayraukham, S., & Nuangchalerm, P. (2009). Factors Influencing Mathematic Problem-Solving Ability of Sixth Grade Students. Online Submission, 5(4), 381-385.

Pratiwi, Y. C. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP dalam pembelajaran creative problem solving ditinjau dari adversity quotient (Doctoral dissertation, Universitas Negeri semarang).

Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa smp dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2).

Riau, B. E. S., & Junaedi, I. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas vii berdasarkan gaya belajar pada pembelajaran pbl. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(2), 166-177.

Stoltz, P. G., & Stoltz, P. (2000). Adversity Quotient@ Work: Make Everyday Challenges the Key to Your Success--Putting the Principles of AQ Into Action. William Morrow.

Sudjana, N. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung, Sinar Baru Algensindo. Nana Syaodih Sukmadinata.

Supardi, U. S. (2013). Pengaruh adversity qoutient terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3 (1), 61–71.

Yulian, V. N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Metode Pembelajaran Metode Inkuiri Berbantuan Software Algebrator. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 9(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v14i1.10189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika